3 Program yang Pernah Digagas AKBP Darman Selama Menjadi Kapolres Tuban Sebelum Dimutasi

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setelah 13 bulan menjabat Kapolres Tuban, AKBP Darman akhirnya digantikan AKBP Rahman Wijaya yang sebelumnya menjabat Kapolres Sumenep. Dalam kurun waktu setahun lebih itu, AKBP Darman menggagas tiga program untuk masyarakat, Kamis (14/7/2022). 

Pisang cavendish dan pondok domba merupakan gagasan pertama AKBP Darman. Dua program tersebut berhenti di tengah jalan, sebab investor yang sebelumnya komitmen menggelontorkan dana Rp2,5 triliun beralibi terdampak Covid-19. 

Terkait : Desa Ngino Tuban Rintis Branding Kampung durian

"Karena pisang dan pondok domba gagal, maka diganti durian," kenang AKBP Darman saat berbagi pengalamannya di hadapan warga Desa Kaligede, Kecamatan Senori pada ahir Juni 2022 lalu. 

Darman pun tidak menyerah. Dia kemudian menggagas program ketiga yaitu tanam durian jenis Musang King dan durian hitam. Salah satu titiknya di Desa Kaligede seluas 115 hektare. 

Program durian merupakan kerjasama AKBP Darman dengan teman lamanya investor asal Riau Sumatra. Waktu itu datang tawaran menanam durian di Banten Jawa Barat dan butuh lahan seluas 2.000 hektare, dan sampai mencari lahan di wilayah Malang Jawa Timur. 

Terkait : Montong Punya Andalan Jeruk Maindu dan durian Bringin

"Tadinya saya pengen tanam ke Malang. Karena saya tidak pernah dinas di sana (Malang), saya urungkan. Setelah tugas di Tuban, saya ingat seorang kades, tepatnya di Jlodro Kecamatan Kenduruan, mengusulkan adanya bibit durian. Ahirnya saya kepikiran untuk launching kampung durian di Bumi Ronggolawe Tuban," ungkapnya.

Bermula dari itu, Darman menambahkan hingga bulan Juni 2022 ini telah tertanam pohon durian di lahan 120 ha. Lahan itu mencakup lahan di 13 kecamatan dari 20 wilayah Kabupaten Tuban. Namun, Darman  menargetkan pada bulan November, tertanam pohon durian di lahan 2.000 hektare. 

"Kami putuskan satu kecamatan satu desa. Harapannya, di Kabupaten Tuban akan ditanam pohon durian dengan bibit yang tersedia kuran lebih setengah juta pohon," tutupnya. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS