Gandeng Sahabat Pertamina, SDN Rahayu Tuban Kembangkan Minuman Bunga Telang di Lomba Sekolah Adiwiyata Nasional

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Tampak pemandangan yang tak seperti biasanya di halaman SDN Rahayu, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban. Suasana libur sekolah tidak membuat kesibukan para guru dan staf SDN Rahayu terhambat. 

Buktinya mereka lebih sering lembur untuk menyelesaikan berkas dokumentasi persyaratan lomba sekolah adiwiyata nasional. Sehubungan dengan hal itu, maka pihak sekolah meminta izin untuk bekerja sama dengan tim sahabat pertamina dalam membantu suksesnya lomba tersebut. 

Kali ini, tim Sahabat Pertamina dimintai bantuan sosialisasi dan praktek pengolahan bunga telang di SDN Rahayu. Acara ini dihadiri kepala sekolah, guru, staf dan perwakilan murid kelas 4 & 5.

Terkait : Percepat Kekebalan Komunal, sahabat pertamina Vaksinasi Massal Warga Desa Rahayu

Kegiatan diawali dengan pemberian materi manfaat bunga telang bagi kesehatan oleh Tim Pemberdayaan Sahabat Petamina. Dilanjutkan dengan praktek atau demonstrasi pembuatan minuman bunga telang oleh perwakilan Kelompok Produktif Rahayu, Ibu Lia dan juga Ibu Rahma.

“Kami ucapkan terimakasih banyak kepada Pertamina EP, STIKes ICsada dan juga Tim Sahabat Pertamina yang sudah berkenan hadir di sekolah kami," ujar Agus Suprapto, S.Pd selaku kepala sekolah SDN Rahayu, Selasa (12/7/2022). 

Terkait : Ada Well Intervention di SKW-30, Tim sahabat pertamina Pastikan Kondisi Warga Ngampel

Meskipun persiapan yang singkat dan mendadak, lanjutnya SDN Rahayu mendukung bilamana sahabat pertamina mau bekerja sama dalam sosialisasi serta penanaman bunga telang di sekolah untuk proses belajar anak-anak.

Suprapto menambahkan, awalnya sempat kebingungan ditunjuk oleh Bupai Tuban mengikuti Sekoah adiwiyata nasional. Salah satunya belum ada pandangan tema yang hendak digarap. 

"Kita belum kepikiran mau mengangkat tema apa. Kebetulan kita diinfokan kepala desa untuk menghubungi Tim Sahabat Pertamina yang sedang mengembangkan bunga telang menjadi minuman Desa Rahayu. Jadi pas begitu wkatunya, Alhamdulillah,” imbuh Azizah, salah satu gru di SDN Rahayu. 

Terkait : Kejar Target, sahabat pertamina Gelar Vaksinasi di Rengel

Sementara itu, Sandi Ovinia Putri, selaku tim pemberdayaan Sahabat Pertamina juga mengungkapkan, bahwasanya kegiatan ini tentu diharapkan bisa membantu sosialisasi di lingkup keluarga bahkan masyarakat luas terkait manfaat bunga telang bagi kesehatan.

Dilansir dari berbagai literatur, ciri khas bunga telang atau kembang telang adalah memiliki kelopak berwarna biru cerah dan telah digunakan sebagai bahan dalam minuman teh herbal di seluruh wilayah selama berabad-abad serta digunakan untuk memasak.  

Terkait : Keluarga Binaan di Kebonagung Dapat Dampingan sahabat pertamina

Kelopaknya tersebut memberikan warna biru ketika direndam dalam air hangat atau panas, sehingga dapat digunakan sebagai pewarna pada berbagai hidangan tradisional. Bunga telang atau  Clitoria ternatea adalah tanaman dari famili Fabaceae dan umumnya ditemukan di seluruh negara Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Indonesia, India, dan Sri Lanka. 

Bunga yang mengandung banyak antioksidan kuat itu memiliki sejumalah manfaat, misalnya memperlancar pencernaan, memperbaiki suasana hati, membantu menurunkan berat badan, merangsang pertumbuhan rambut, dan meningkatkan kesehatan jantung. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS