12:00 . Sabtu 13 Agustus 2022 : Beras, Minyak Goreng, Daging hingga Cabai di Tuban Turun Harga   |   11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |   13:00 . Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Ucapan Terimakasih dari Gamini untuk Sahabat Pertamina

bloktuban.com | Wednesday, 31 March 2021 18:00

Ucapan Terimakasih dari Gamini untuk Sahabat Pertamina

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Program Sahabat Pertamina yang diinisiasi oleh Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field, terbukti memberikan dampak positif bagi masyarakat Bojonegoro, khususnya masyarakat yang berada di wilayah Ring 1 Sukowati, yaitu masyarakat Desa Campurejo, Ngampel, dan Sambiroto.

Program yang meliputi beberapa Kegiatan Layanan Kesehatan di antaranya Pemeriksaan dan Pengobatan Masyarakat, Keluarga Binaan, dan Mobil Layanan Kesehatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat sekitar.

Seperti halnya yang dirasakan oleh Gamini (48), warga Desa Ngampel, Kecamatan Kapas, ia mengaku merasa terbantu dengan adanya progam Sahabat Pertamina tersebut. Sebab dengan adanya progam itu, ia merasa lebih terbantu.

Perempuat yang sehari hari bekerja sebagai pedagang semangka dan nasi keliling ini, menderita penyakit linu pada lutunya sudah sekitar 3 tahun. Namun, semenjak adanya progam Sahabat Pertamina, ia tahu apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya.

"Kegiatan saya setiap hari kan berjualan keliling dengan menggunakan sepeda ontel di wilayah Kecamatan Bojonegoro dan Kapas. Sehingga mudah lelah dan pegal, lantaran kalau dihitung setiap harinya bisa menempuh jarak 30 km lebih dengan berat dagangan sebesar 80 kg," ukarnya, Rabu (31/3/2021).

Jika penyakit linunya kumat, ibu enam anak ini harus libur berjualan sampai 3 hari, bahkan bisa sampai satu minggu. Padahal Gamini juga merupakan tulang punggung keluarga, disamping suaminya Sukidi (71) yang berprofesi sebagai seorang petani dan juga memilik penyakit encok.

Dengan adanya progam sahabat Pertamina, Gamini merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Pertamina EP Asset 4 Sukowati Field karena telah menghadirkan Program Sahabat Pertamina. Begitu banyak manfaat yang telah ia rasakan bersama keluarganya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada  Pertamina yang sudah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kecil seperti saya,” kata Gamini.

Bukan hanya itu, selama dirinya dan keluarga masuk dalam kelompok binaan Sahabat Pertamina, dirinya tidak pernah merasakan kendala yang berarti, bahkan mendapatkan pemahaman baru terkait bagaimana cara hidup sehat. Disisi lain juga mendapatkan pelayanan yang optimal selama dirinya dan keluarga berobat.

“Pelayanannya sangat baik, apalagi tim dari Sahabat Pertamina bisa dipanggil kerumah kapan pun dan saya juga bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya,” ungkapnya dengan syukur.

Sementara itu salah satu anggota dari Sahabat Pertamina, Ahmad Fandhi Zwageri menjelaskan, bahwa kebanyakan masyarakat yang ia tangani bersama para tim, memiliki penyakit Hipertensi, Mag dan Ostioporosis. Penyakit tersebut, menurutnya memang lazim dideritan oleh masyarakat walaupun salah satu penyebabnya adalah faktor usia.

"Memang tiga penyakit itu yang sering kita jumpai, selain faktor usia, penyebab lainya adalah faktor masih minimnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang diterapkan oleh masyarakat dan masyarakat lebih cenderung tidak menghiraukan hal ini," jelasnya kepada blokBojonegoro.com.

Lebih lanjut, Tim Sahabat Pertamina juga memberikan sebuah edukasi dan pemahaman bagai mana cara mengatasinya. Seperti halnya penyakit Hipertensi (Darah Tinggi) yang salah satunya disebabkan oleh pengonsumsian makanan berlemak dan terlalu asin, sehingga menyebabkan metabolisme menurun dan menyebabkan pencernaan kurang maksimal.

"Untuk pencegahan ataupun cara mengobatinya hipertensi, bisa dengan mengkonsumsi buah yang banyak. Sedangkan, penyakit mag dan Ostioporosis bisa diatasi dengan memakan  makanan yang halus dan memakan makanan yang mengandung zat besi, seperti sayur-sayuran hijau," terangnya.

Fandhi juga mengatakan, ada beberapa kegiatan tambahan seperti pendampingan warga desa ke fasilitas kesehatan sekitar yang memerlukan transportasi Mobil Layanan Kesehatan, membantu kegiatan posyandu balita maupun lansia yang digelar di Desa, dan juga membantu tenaga medis Polindes ketika melakukan pemberian imunisasi kepada anak-anak balita sampai remaja.

"Selain membantu desa, kita juga memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat terkait kesehatan, agar masyarakat lebih faham terkait penyebab penyakit dan cara mentasinya," tutup Fandhi. [din/mu]

Tag : pertamina ep, sahabat pertamina, pertamina ep asset 4, gamini, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat