Lomba Lukis Alam Bonsai Tuban, Banyak Peserta Terjebak Imajinasi Terbatas

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Banyak peserta yang masih terjebak dalam ruang imajinasi terbatas, sehingga pembahasaan tentang ide dan gagasannya menjadi verbal. Sebagian besar masih terpaku menggambar objek yaitu "Bonsai". 

Itulah pengamatan Rumah Persinggahan Art Laboratory sebagai penyelenggara lomba lukis tingkat anak dan remaja dengan tema "alam bonsai" di Lapangan GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban, Minggu (20/6/2022). 

Terkait : Rumah Persinggahan Art Lab Bersama PPBI Tuban Gelar Lomba Lukis Alam bonsai

Teguh Ugik Widianto, selaku Ketua Panitia Lomba Lukis "Alam Bonsai" menjelaskan, padahal pemaknaan dari tema "Alam Bonsai" sendiri sangat luas, termasuk batu, linggis, gunting, skop atau alat-alat yang berkaitan dengan bonsai, bahkan juga bisa tentang hutan yang gundul atau upaya reboisasi. 

Ugik menambahkan, lomba ini merupakan salah satu rangkaian dari Pameran dan Kontes Bonsai Nasional tahun 2022, yang digelar oleh Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Tuban selama hampir dua pekan.

Terkait : Pebonsai Tuban Dapat Lampu Hijau dari Bupati, Terlibat di Tema Fauna-Flora Taman Kapur

Panitia mendatangkan dewan juri diambil dari dua orang akademisi sarjana seni murni yaitu Muchammad Nahrussodiq, S.Sn dari STKW Surabaya, Damara Destrian, S.Sn dari Universitas Brawijaya Malang, dan dirinya sendiri sebagai salah satu perwakilan pegiat bonsai Tuban.

Humas PPBI Cabang Tuban, Muchammad Yusuf Rifai, juga mengatakan bahwa rangkaian kegiatan Pameran dan Kontes Bonsai Nasional tahun 2022 ini memiliki rangkaian kegiatan yang cukup panjang. Oleh karena itu, digelar selama dua minggu. 

Terkait : PPBI Tuban Ditantang Bupati Percantik Bundaran Patung Letda Soecipto dengan bonsai

"Rangkaian kegiatan diawali dengan display persiapan pada 19 dan 20 Juni 2022. Dilanjutkan dengan loading karya pada 21 dan 22 Juni. Pada 23 dan 24 Juni masuk dalam proses penjurian sehingga lokasi ditutup untuk umum," imbuhnya. 

Sementara itu, pada 25 Juni 2022, kegiatan baru dibuka secara resmi oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky. Di mana ada lebih dari 820 pohon dari ratusan peserta yang datang dari berbagai wilayah.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan rangkaian lain termasuk lomba lukis tingkat anak-anak dan remaja pada tanggal 26 Juni 2022, dan dilanjut dengan Demo Bonsai pada hari yang sama.

Terkait : Diikuti 802 Pohon, Pameran dan Kontes bonsai Nasional 2022 PPBI Tuban Resmi Dibuka Bupati

Selain itu juga ada dialog interaktif seputar bonsai yang juga melihat kolektor.  Kegiatan ini kemudian ditutup pada 1 Juli 2022 dengan penyerahan hadiah serta sambutan-sambutan. 

Informasi dari panitia, Lomba ini terbilang cukup meriah dengan antuasiasme hampir 50 orang peserta dari kategori anak-anak dan remaja. Hadiah yang ditawarkan juga cukup menarik. 

Selain piala atau trophy juara, juga ada sertifikat, uang pembinaan bagi juara satu sampai tiga, serta voucher belajar lukis gratis selama satu semester bagi sepuluh juara favorit pilihan dewan juri. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.