Bermalam Tiga Hari di Sendang Maibit Tuban, Seperti Ini Kegiatan Jam Lima Kemenag yang Diikuti 1.235 Peserta

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejumlah 1.235 peserta mengikuti kegiatan Jambore Literasi dan Moderasi Beragama (Jam Lima) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Sabtu (25/6/202). Sekitar pukul 14.30, acara dibuka oleh Nawawi selaku Plt KaKanwil Kemeterian Agama Propinsi Jawa Timur di Sendang Maibit Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban. 

Mengusung tajuk "Dengan budaya literasi dan Moderasi Beragama menuju Rahmatan lil'alamin" Ini dikuti oleh siswa-siswi Madrasah se Kabupaten Tuban, mulai dari tingkat MI hingga Madrasah Aliyah yang terdiri dari 1.040 peserta, 132  pendamping, dan 63 panitia yang terbagi atas 132 regu/ tenda. 

Terkait : Marak Pernikahan Dini, Kemenag Sentuh Santri

Ketua penyelenggara Jam lima, H. Qomarudin menyampaikan, acara akan berlangsung selama tiga hari. Hadir dalam pembukaan disamping Kakanwil kemenag Jatim, juga dihadiri oleh Kankemenag Kabupaten Tuban serta seluruh Kepala Seksi Kankemenag Tuban, FKUB Tuban, dan organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan yang lain. 

Ia menambahkan, kegiatan ini tidak lain sebagai implementasi 7 program kementerian Agama, diantaranya tentang Penguatan moderasi beragama, digitalisasi madrasah, dan literasi. 

Terkait : Penyuluh Agama Honorer, Tomas dan ASN Bisa Diangkat sebagai PPPN, Ini Syaratnya

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Munir dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Jam lima diisi dengan kegiatan implementatif penulisan cerpen, dongeng, dan puisi bagi MI dan MTs, serta penulisan cerpen, puisi, KIR, dan Reportase untuk MA. 

"Ini semua dilakukan sebagai upaya memberikan pengalaman nyata bagi anak didik di Kemenag Kabupaten Tuban," sambungnya.

Selain itu sebagai hikmat Kantor Kementerian Agama Kab. Tuban terhadap alam, dilakukan penaman 1000 pohon di sekitar Sendang Maibit Rengel tempat kegiatan dilaksanakan. Acara semakin meriah karena adanya atraksi dari dua group marcing band dari MAN 1 Tuban. 

Terkait : Beda Keterangan Antara Bupati Tuban dan Kemenag soal Dana Haji 2022

Hadir dan sekaligus memberikan sambutan Plt Kakanwil Kemenag Propinsi Jawa Timur, Nawawi menyampaikan, kegiatan seperti ini baru pertama dilakukan di Jawa Timur. 

"Semoga kedepan mampu menginspirasi madrasah-madrasah lain Se Jawa Timur, bahkan di Indonesia," tutupnya. [Ali]

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS.