23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |   10:00 . Pelatihan Gratis Batch 5 UPT BLK Tuban, Ada 3 Kejuruan Kompetensi yang Bisa Dipilih   |   09:00 . Naik Rp9.000, Harga Emas Antam Per Gram Capai Rp996.000   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Beda Keterangan Antara Bupati Tuban dan Kemenag soal Dana Haji 2022

bloktuban.com | Thursday, 02 June 2022 10:00

Beda Keterangan Antara Bupati Tuban dan Kemenag soal Dana Haji 2022 Bupati Tuban klaim dana haji sudah cair, tapi Kemenag mengatakan sebaliknya. (Foto:pinterpolitik)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Menjelang pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) pada 3 Juni 2022, muncul beda keterangan antara Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky dengan Kemenag soal dana haji, Kamis (1/6/2022). Polemik ini muncul, di tahun pertama keberangkatan ibadah haji pasca pandemi Covid-19. 

Isu bahwa Kemenang kesulitan mendapatkan anggaran transportasi CJH ditepis langsung oleh Bupati Lindra. Saat dimintai konfirmasi di Pasar Baru Tuban pada kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong 2022, Bupati menyarankan media untuk konfirmasi ulang kepada Kemenag. 

"Tanyakan ke Kementerian Agama (Kemenag) bus sudah ada anggaran. Sudah ada, apa yang susah," ujar Bupati Lindra.

Ditambahkan, Bupati muda itu bahwa proses pemerintah tidak bisa seperti membalikan sebuah telapak tangan, tentunya ada proses administrasi yang harus dilalui. Tidak mungkin dana hibah dihilangkan karena itu untuk masyarakat Kabupaten Tuban juga dan besok CJH tetap akan berangkat. 

"Intinya besok CJH akan tetap berangkat dengan biaya transportasi dari Pemkab," katanya. 

Baca berita terkait : Dana Transportasi CJH Belum Cair, Ini yang Dilakukan Kemenag Tuban

Dilain sisi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tuban, Ahmad Munir justru membantah terkait dana hibah calon jemaah yang sudah cair. Bahkan secara tegas ia mengatakan bahwa dana hibah belum cair.

“Belum Cair,” jawab singkat melalui pesan WA. 

Diberitakan sebelumnya, ketika anggaran dari pemkab tidak cair, Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan para jemaah akan gotong royong untuk membiayainya.

Hal itu disampaikan Ahmad Munir bersama didampingi Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Ashabul Yamin dalam rapat koordinasi (rakor) dengan Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban untuk  membahas persoalan tersebut.

"Pelaksanaan haji kian mepet waktunya. Lima hari lagi para jemaah haji akan diberangkatkan ke Asrama Haji Surabaya dan akan bertolak ke Saudi Arabia tanggal 4 Juni. Namun sampai saat ini belum ada kabar dari pemerintah daerah," ujar Munir di hadapan Komisi IV pada 28 Mei 2022 kemarin. 

Menurut pria asal Bojonegoro ini, dasar pelaksanaan biaya perjalanan jemaah haji  non BPIH seharusnya dibiayai oleh pemerintah daerah diatur dalam pasal 36 UU no 8 Th 2019 tentang Penyelenggaraan Haji dan Umrah.

Disebutkan transportasi jemaah haji dari daerah asal ke embarkasi dan atau atau dari debarkasi ke daerah asal menjadi tanggung jawab pemerintah daerah. Selanjutnya tanggung jawab pemerintah daerah sebagaimana dimaksud termasuk akomodasi dan penyediaan konsumsi jemaah haji. 

"Tanggung jawab pemerintah daerah terhadap jemaah haji sesuai ayat (1) dan ayat (2) dalam UU tersebut, dibebankan pada anggaran pendapatan dan belanja daerah," terangnya.

Karena itu, Munir mohon arahan terkait hal ini. Apabila belum cair juga, mungkin Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji akan bergotong royong dengan seluruh jemaah untuk membiayai transportasi tersebut. 

Sebanyak 593 calon jamaah haji asal Kabupaten Tuban tahun ini dijadwalkan berangkat menuju ke asrama haji Sukolilo Surabaya sambil menunggu jadwal berangkat ke Tanah Suci. Kloter pertama akan bermalam di embarkasi Surabaya. 

Penerbangan dilakukan pada hari setelahnya, tetap ipemberangkatan jemaah haji tidak bisa langsung dari Bandara Juanda ke Arab Saudi menyusul perbaikan runway (landasan pacu) Bandara Juanda. Sebagai alternatif jemaah dari Jawa Timur transit terlebih dulu ke Bandara Soekarno-Hatta. Setelah itu, baru melanjutkan penerbangan ke Arab Saudi dengan menggunakan pesawat khusus. [Ali]

Tag : Tuban, dana haji, beda keterangan Bupati, Kemenag Tuban, DPRD, CJH Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat