Profil Buya Arrazy Hasyim, Ulama Milenial Pengasuh Ribath Nouraniyah

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com- Pada hari Senin 21 April 1986 silam, pasangan  Nur Akmal bin Muhammad Nur dan Asni binti Sahar melahirkan seorang putra yang kelak dikenal sebagai ulama milenial cukup berpengaruh di dunia dakwah Arrazy Hasyim yang kemudian dikenal Buya Arrazy Hasyim. 

Buya Arrazy sewaktu muda menghabiskan hidup di tanah kelahirannya, Payakumbuh - Sumatera Barat. Ia menempuh sekolah dasar hingga jenjang madrasah aliyah di Payakumbuh, meski sempat pindah sekolah di Bukittinggi.

Pendidikan formal tertinggi yang dicapainya yakni S-3 Pengkajian Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, lulus tahun 2017. Sebelum menyandang gelar doktor tersebut, Buya Arrazy menjadi dosen di Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dari tahun 2012-2019.

Buya Arrazy juga diketahui aktif sebagai pengajar atau pengampu kitab Aqidah Ahlus Sunnah dan hadits Sunan An-Nasa’i dan Ibnu Majah di Darussunnah.

Pada 2011 bersama sekelompok pemuda, dimulainya cikal bakal Ribath Nouraniyah. Seiring waktu berjalan, pada 3 April 2019 M yang bertepatan dengan 27 Rajab 1440 H, Buya Arrazy mencetuskan nama “Ribath” untuk tempat kajian yang diasuhnya. Kemudian ditambahhkan kata “Nournaniyah” oleh istri beliau dengan maksud sebagai pelengkap. 

Secara resmi, Buya Arrazy tercatat pada akhir 2018 sebagai pendiri dan pengasuh  Ribath Nouraniyah, lembaga kajian turats, takhassu ilmu akidah, tasawuf dan amaliah zikir yang berpusat di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten. 

Selain itu ia saat ini juga aktif sebagai Dosen Pascasarjana Institut Ilmu al-Qur'an (IIQ), Jakarta serta pengajar hadits dan akidah di Darus-Sunnah.

Belakangan ini namanya kian dikenal di kalangan milenial bahkan generasi z. Potongan video ceramahnya di beberapa kajian kini lalu-lalang di sejumlah platform media sosial. Tidak jarang videonya kerap trending di Youtube dan masuk For Your Page (FYP) TikTok.

Beberapa isi kajian yang Buya Arrazy sampaikan kerap mengena di kehidupan kalangan anak muda. Beberapa tema yang dibawakan diantaranya belajar hakikat cinta, mengobati keresahan qalbu, mengajarkan jangan berputus asa dan selalu rendah hati.[dwi]

 

Biodata Buya Arrazy Hasyim

Nama: Arrazy Hasyim

Nama beserta gelar: Dr. K.H. Arrazy Hasyim, Lc, S.Fil.I., MA.Hum.

Tempat Tanggal Lahir: Koto Tangah, Payakumbuh, Sumatera Barat, 21 April 1986

Istri: Eli Ermawati MS (menikah 11 Juli 2010)

Anak: Faqih Arrazy, Hushaim Shah Wali Arrazy (wafat 22 Juni 2022) dan Helena Nour Arrazy

Orang tua: Nur Akmal bin Muhammad Nur dan Asni binti Sahar

Pendidikan formal:

  • Sekolah Dasar (1998) dan MTsN (2001) di Payakumbuh, Sumatra Barat.
  • MAN 2/ MAKN Payakumbuh, tetapi pada tahun 2002 ia pindah ke MAN 1 Model Bukittinggi dan tamat pada tahun 2004.
  • Darus-Sunnah International Institute for Hadith Sciences (2008)
  • S1 Jurusan Akidah dan Filsafat Islam di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (2009)
  • S2 Pengkajian Islam di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (2011)
  • S3 Pengkajian Islam di UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (2017)

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS