19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |   10:00 . Wajib Pantau Statistik Batas Nilai Atas dan Bawah yang Diterima SMK di Kabupaten Tuban, Klik Link Berikut   |   09:00 . Ini 4 Tuan Rumah Porprov Jatim VIII Tahun 2023   |   08:00 . 5 Doa Dijauhkan dari Orang Munafik dan Hal Buruk dalam Hidup   |   07:00 . 9 Bencana Kebakaran di Tuban Sejak Januari-Juli 2022, Salah Satunya Rumah Mantan Kades   |   06:00 . Kebakaran 3 Rumah Warga Tuban Salah Satunya Joglo, Kerugian Hampir Rp2 Milyar   |   23:00 . Atlet Tuban, Pelatih dan Cabor Porprov Jatim Diguyur Bonus Rp5-20 Juta   |  
Tue, 05 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Bantu Petani, Mahasiswa IAINU Tuban Lepasliarkan Burung Pembasmi Tikus

bloktuban.com | Wednesday, 22 June 2022 16:00

Bantu Petani, Mahasiswa IAINU Tuban Lepasliarkan Burung Pembasmi Tikus BURUNG PEMBASMI HAMA : Mahasiswa IAINU Tuban Melepasliarkan Burung Pemburu Tikus untuk Bantu Petani

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com - Hama tikus yang sering menjadi momok petani. Areal pertanian milik warga kerap diserang hingga merugikan petani. Tikus tidak saja memakan buah atau tanaman petani yang sudah tumbuh, namun benih tanaman yang baru ditanampun sering digasak. 

Untuk tanaman yang sudah tumbuh, hama tikus sering menggerogoti batangnya hingga tanaman mati. Sedang, bagi tanaman yang sudah berbuah, seperi tanaman jagung misalnya, buah yang masih kecil juga sudah dimakan. Hal ini sering membuat petani gagal panen.

Baca juga: Atlet Balap Sepeda Berangkat Kejurprov, ISSI Tuban: Jaga Nama Baik Tuban

Upaya yang dilakukan petani untuk membasmi hama tikus sudah sangat banyak. Seperti misalnya memasang jebakan listrik sampai memburu tikus beramai-ramai atau petani mengistilahkan ‘gropyokan’. Namun, hama tikus masih tetap menyerang.

Melihat kondisi tersebut, mahasiswa program studi (prodi) Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama (IAINU) Tuban dari unit Pemberdayaan Masyarakat Islam Bidang Lingkungan Hidup berusaha membantu petani.

Baca juga: Dua Desa Rebutan Proyek Gas, Bupati Tuban: Camat Mampu Menjaga Iklim Investasi Gas

Mahasiswa yang diampu dosen Fathul Amin itu menawarkan solusi yang mudah dan murah untuk membasmi hama tikus tersebut. Caranya dengan melepaskan burung pemburu tikus. Burung Serak Jawa, sejenis burung hantu yang orang Jawa menyebutnya sebagai burung Dares.

‘’Kami membantu petani dengan melepas burung Dares di sawah Desa Wangun, Kecamatan Palang,’’ujar Romadon, salah satu mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini, Rabu (22/6/2022).

Baca juga: Surat Kedua KASN untuk Bupati Tuban, Isinya Intruksi Peninjauan Mutasi Pejabat

Dia mengatakan, dengan melepasliarkan burung Serak Jawa ini, diharapkan hama tikus bisa berkurang, bahkan bisa dibasmi. Sebab, burung Serak Jawa ini dikenal sebagai burung pemburu tikus sebagai makanannya. Burung ini berburu pada malam hari.

‘’Ini cara membasmi hama yang mudah dan murah,’’ tambahnya.

Dengan dilepasliarkan, burung Serak Jawa itu bisa berburu makanan sendiri untuk bertahan hidup. Sebagai tempat tinggal disediakan kandang di areal sawah yang bisa ditinggali burung ini.

Baca juga: Mengintip Aksi 20 Barberman Tuban Cukur Tukang Becak dan Pedagang di Parkiran Makam Sunan Bonang

Para petani menyambut baik kegiatan mahasiswa IAINU ini. Sebab, kehadiran burung Serak Jawa diharapkan bisa membasmi hama tikus yang sering merusak tanaman mereka.[ono]

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS

Tag : burung hantu, pemasbmi hama, hama tikus, tikus, sawah, petani, tuban, bloktuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat