10:00 . Lirik dan Chord Lagu Alun-Alun Nganjuk - Denny Caknan Feat Yeni Inca | Trending Youtube DC Production   |   09:00 . Stabil, Harga Emas Cetakan Antam dan UBS di Pegadaian, Senin 15 Agustus 2022   |   08:00 . Hukum Menyemir Rambut di Ajaran Islam, Ini Pendapat Ulama   |   07:00 . Prakiraan Cuaca Tuban Hari ini, Senin 15 Agustus 2022   |   06:00 . Selain Marning, Warga Desa Jlodro Tuban Mulai Olah Jagung Menjadi Nugget   |   05:00 . Dear Warga Tuban, Manfaatkan Konsultasi Hukum Gratis di Ruang CFD   |   18:00 . Besok 2.500 Buruh Metal Tuban Demo di 4 Lokasi Ini, Simak Tuntutan dan Rutenya   |   17:00 . Cantiknya Kue Siwalan Crunchy Puff Tuban, Cocok Dijadikan Oleh-oleh saat Liburan   |   16:00 . Keren! Di Tangan Siswa SMKN 3 Tuban, Buah Siwalan Jadi Kue Beraneka Rasa   |   15:00 . Hujan Masih Turun di Bulan Agustus 2022, Ini Kata BMKG Tuban   |   14:00 . Pertunjukan Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Tuban pada Pengukuhan Anggota Baru   |   13:00 . 1.548 Anggota Pagar Nusa Tuban Dikukuhkan, Dihadiri Tokoh Penting dari Kiai hingga Aparat Penegak Hukum   |   12:00 . 5 Pasangan Mesum Bukan Suami Istri di Tuban Terjaring Operasi Cipta Kondisi, Beberapa Berstatus Mahasiswa   |   11:00 . 490 Personel Polisi Diturunkan pada Pengukuhan Anggota Pagar Nusa Tuban, Penggembira Dilarang Konvoi   |   10:00 . Dua Zodiak Pemilik Bulan Agustus Alami Keberuntungan Bidang Karir   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tercatat 17 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Tuban, P3A: Masih Banyak Korban Takut Melapor

bloktuban.com | Sunday, 19 June 2022 13:00

Tercatat 17 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Tuban, P3A: Masih Banyak Korban Takut Melapor Kantor Dinsos P3A, dan PMD Tuban berada persis di depan SPBU Patung. (foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Angka kekerasan pada perempuan dan anak di Kabupaten Tuban rupanya masih cenderung tinggi. Diketahui hingga pertengahan bulan Juni 2022 ini tercatat sudah ada 17 kasus berupa kekerasan yang dialami oleh perempuan dan anak. Minggu (19/6/2022).

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Tuban, Lusiana menerangkan jika pada pertengahan tahun 2022 ini, kekerasan pada anak sebanyak 8 kasus sedangkan kekerasan yang dialami oleh perempuan sebanyak 9 kasus. 

Baca berita menarik lainnya DI SINI 

“Sampai bulan ini, di kasus pada perempuan itu ada 9, kasus pada anak ada 8 dan yang sudah terselesaikan kasus pada perempuan itu 8 masih ada kasus yang masih proses dan sementara yang anak ini sudah terselesaikan 4, itu di bulan awal Juni kemarin,” terang Kabid P3A kepada blokTuban.com saat ditemui di ruang kerjanya. 

Kendati demikian, lanjutnya untuk dapat mengetahui tingginya kasus kekerasan  pada anak dan perempuan tidak hanya dilihat dari data atau laporan yang diterima saja. Sebab, angka kasus kecil atau besarnya kejadian itu tergantung dari kesadaran dari pelapor sendiri. 

Pasalnya, hingga kini kasus kekerasan masih seperti fenomena gunung es yang terlihat hanya di ujung nya saja. Masih banyak korban yang enggan atau ragu untuk melaporkan hal yang telah dialaminya karena beberapa faktor. 

Aduan kekerasan perempuan dan anak: Alamat Dinas Sosial Tuban dan 7 Layanannya untuk Masyarakat

“Kasus tinggi atau tidaknya itu mungkin karena beberapa faktor, kecil itu bukan berarti tidak ada kasus. Tapi mungkin kurangnya kesadaran untuk melapor atau mungkin korbannya tidak tahu mau lapor kemana, terus ada beberapa mindset orang kalau melapor seperti membuka aib keluarga,” jelasnya. 

Oleh karena itu, Lusiana mengungkapkan jika relatif kasus yang ditangani oleh pihaknya merupakan korban yang melapor secara tertulis. Sehingga untuk kasus di tengah masyarakat yang sebenarnya tidak bisa dideteksi sepenuhnya. 

Baca juga: Korban Kekerasan Bisa Mengadu di Mall Pelayanan Publik Tuban, Rahasia Klien Dijamin

“Jadi relatif selama ini yang kita tangani yang melapor secara tertulis, tapi untuk yang di masyarakat kita tidak tahu karena memang tidak mecuat atau memang sudah diselesaikan internal di wilayah,” ungkapnya. 

Namun, pihaknya juga tetap melakukan upaya pencegahan dan penanganan dengan bekersama dengan lembaga ataupun instansi-instansi lain. Selain itu, juga telah disediakan tenaga-tenaga ahli yang membidangi hal tersebut seperti konselor, satgas, psikolog, dan juga P2TP2A yang turut mesupport. Sehingga setiap kasus yang masuk, akan ditangani oleh tim yang berwenang.

Baca juga: RUU TPKS Resmi disahkan, KP Ronggolawe Beri Apresiasi Tinggi Untuk Pemerintah

Sekedar diketahui, data yang dihimpun blokTuban.com dari P3A pada tahun 2021 lalu, jumlah kekerasan pada perempuan dan anak mencapai 102 total kasus yang didominasi oleh kekerasan fisik dengan 62 kasus. [Sav/Dwi]

Tag : P3A Tuban, anak, perempuan, bloktuban, kabupaten tuban, jawa timur, indonesia



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat