17:00 . Hibah Keagamaan Tuban 2022 Totalnya Rp4,75 Milyar, Insentif Ribuan Guru TPQ Telah Ditransfer   |   16:00 . KPU Jatim: Regulasi, Teknologi dan Kepemiluan Harus Dikuasai Seluruh Devisi KPU   |   15:00 . Makam Sakral di Desa Pakis Tuban Konon Mertua Ronggolawe   |   14:00 . Pemotor Tewas di Jalan Pantura Tuban Usai Menabrak Truk Parkir   |   13:00 . Persatu Tuban Diperkuat 13 Pemain Lokal, Pelatih Medy : Masih Kurang 12 Pemain Lagi   |   12:00 . Ini Rute Menuju Bukit Lei Tuban, Lokasi Liga Paralayang Jatim Seri 2   |   10:00 . Gubernur Khofifah dan Bupati Lindra Apresiasi Pasar Murah Ika Unair Tuban   |   09:00 . Harga Cabai dan Bawang Merah Tuban Anjlok, Sayur Mayur Merangkak Naik   |   08:00 . Sinopsis dan Deretan Artis di Film Horor Jailangkung Sandekala   |   07:00 . Ikuti Laga Persahabatan Trofeo Tuban, Cara TPPI FC Jaga Kebugaran Karyawan   |   06:00 . Prediksi Cuaca Tuban 26 September 2022: Sebagian Berawan   |   05:00 . Pengunjung Main Sepuasanya dengan Ikan Mas di Wisata Pelang Tuban   |   16:00 . Kondisi Akses Jalan di Desa Patihan Tuban Dikeluhkan Warga   |   15:00 . Kalpataru, Peninggalan Sunan Bonang Tuban Mengandung Pesan Kedamaian   |   14:00 . Enam Museum Indonesia Pamerkan Benda Bersejarah di Tuban   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pupuk Subsidi ZA, SP-36 dan Organik Granula Dicabut Bulan Depan? Ini Kata Pemkab Tuban

bloktuban.com | Wednesday, 15 June 2022 15:00

Pupuk Subsidi ZA, SP-36 dan Organik Granula Dicabut Bulan Depan? Ini Kata Pemkab Tuban Petani di Kabupaten Tuban ketika memanen padi. (Foto: Sav/blokTuban,com)

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia mewacanakan akan menghapus sejumlah penjualan pupuk bersubsidi mulai tanggal 1 Juli 2022 mendatang. pupuk

Artinya, penyaluran dari beberapa jenis pupuk subsidi seperti ZA, SP-36 dan Organik Granula akan dihentikan untuk petani. Menanggapi hal tersebut, Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban, Ulfah Mei Sayekti mengatakan jika hingga kini pihaknya belum menerima surat tertulis terkait pencabutan tiga jenis pupuk subsidi tersebut. 

Dapatkan Berita Tuban menarik lainnya DI SINI 

Bahkan ia menyatakan bahwa sampai saat ini, seluruh jenis pupuk subsidi di Kabupaten Tuban masih lengkap. Baik itu pupuk Urea, ZA, SP-36, Organik Gratula hingga jenis pupuk NPK. 

“Memang ada wacana nantinya per Juli 2022, tapi sampai saya bicara ini, belum ada surat tertulis apapun dalam bentuk apapun kalau itu mau dicabut. Tapi hanya tiga jenis pupuk ZA, SP-36 sama organik,” terangnya kepada blokTuban.com saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (15/6/2022). 

Baca juga: Halangi razia Hotel, Kasatpol PP Tuban: Pihak FrontOne King Hotel Sudah Minta Maaf

Menurutnya, pada tahun ini ketiga jenis pupuk tersebut hanya diperuntukkan untuk tanaman holtikultura, sehingga hal ini kerap kali membuat para petani bingung karena tidak sesuai dengan ketentuan pada tahun-tahun sebelumnya. 

Selain itu, Ulfah sapaan akrabnya juga menyampaikan untuk Kabupaten Tuban sendiri, alokasi pupuk yang didapatkan dari pemerintah untuk jenis pupuk urea kemampuannya hanya bisa mensubsidi 71,3% dari usulan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok Tani (RDKK), sedangkan untuk subsidi jenis pupuk NPK hanya sekitar 34.8 persen. 

Baca juga: Bawaslu Tuban Kumpulkan partai politik di Hotel, Ada Apa?

“Dari contoh itu saja petani tahunya kalau dapat 100% bukan fakta kemampuan pemerintah mensubsidinya. Mangkanya dimanapun selalu pupuk itu seolah-olah langkah dan kurang. Memang mampunya pemerintah seperti itu karena kemampuan subsidinya hanya untuk mengcounter dari permintaan dan kebutuhan. Untuk NPK 34.8%, untuk urea 71.3% kemudian untuk ZA, SP-36, Organik itu sudah dikunci hanya untuk tanaman holtikultura,” jelasnya. 

Selanjutnya, pejabat asal Kecamatan Rengel ini juga menambahkan bahwa terkait hal itu  para petani masih belum mengatahui adanya peraturan tersebut, sehingga masih beranggapan jika mendapatkan lima jenis pupuk sekaligus. 

“Sosialisasi ditingkat bawah petani itu dari dulu tahunya pupuk itu dapatnya 5 macam, petani tidak tahu kalau ZA, Organik, SP-36 itu sekarang peruntukannya dikunci hanya untuk holti, petani tahunya dulu bisa karena 2021 memang masih bisa,” lanjutnya. 

Baca juga: Waspada! Mobil INCAR Akan Segera Diterapkan Polres Tuban

Dalam kesempatan ini Ulfah juga mengaku jika ia saat ini memihak kepada para petani di Kabupaten Tuban, sehingga ia berharap pemerintah pusat tetap dan tidak akan mengurangi jumlah dari jenis pupuk subsidi tersebut. [Sav/Dwi]

 

Tag : pupuk subsidi, Urea, ZA, SP-36, Organik Gratula, Tuban, bloktuban, Kabupaten Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat