Hari Ini 15 juni 2022, 27 Tahun Internet Explorer Akhirnya Tamat

Reporter: Dwi Rahayu

 

blokTuban.com - Para peselancar web pada hari ini, Rabu 15 Juni 2022 tidak lagi bisa menggunakan mesin pencarian Internet Explorer. Browser yang akrab dengan icon alfabet 'e' ini terhitung telah 27 tahun turut menjadi salah satu browser yang pernah digunakan khalayak umum.

 

Sebagaimana diketahui, bersumber dari Gadgets360 pada 1995 lalu Microsoft merilis Internet Explorer pertama kali ke publik. Pada tahun tersebut mesin peramban ini menjadi paket tambahan untuk sistem operasi Windows 95.

Baca juga: Hiraukan Larangan, Warga Nekat Melintasi Tuban - Bojonegoro Lewati Portal

Penyebab salah satunya yaitu seiring kemajuan teknologi pertukaran informasi, situs web pada Internet Explorer tidak lagi mendukung apabila melakukan aktifitas pencarian. Hal ini beresiko menurunkan pengalaman pengguna. 

Baca juga: whatsapp Akan Kembangkan Fitur Baru, Pengguna Bisa Edit Teks Pesan yang Terkirim

Para kompetitor menawarkan fitur dan kecepatan internet lebih cepat. Otomatis performa dalam mensupport berselancat lebih cepat.

 

"Alhasil peramban ini hanya dipakai sebagai browser default untuk menginstal peramban lain," keterangan tertulis yang dikutip dari suara.com jaringan blok.Tuban pada Rabu (15/6/2022).

 

Kembali kemasa tahun 2003, pada saat itu Internet Explorer hampir menguasai pangsa pasar 95 persen. Hnaya saja tanpa diimbangi performa persaingan yang kompetitif, ia mulai mengalami kemunduran.

Baca juga: 1 Juli 2022 PLN Naikkan Tarif Listrik, Khusus Golongan Ini Wajib Tahu

Meski dimatikan hari ini, masa depan Internet Explorer masih berlanjut pada Microsoft Edge. Mesin pencari yang dirilis Microsoft pada 2015 lalu tersbut digadang memiliki performa lebih cepat, lebih aman juga bisa mengatasi kompatibilitas situs web pada Windows 10. [Dwi]

 

Dapatkan Berita Tuban menarik lainnya DI SINI