13:00 . Serunya Lomba Estafet Karet Gelang di Lapas Tuban   |   12:00 . Sabtu 13 Agustus 2022 : Beras, Minyak Goreng, Daging hingga Cabai di Tuban Turun Harga   |   11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Lonjakan Harga Cabai Bikin Penjual Makanan Pedas di Tuban Menjerit

bloktuban.com | Saturday, 11 June 2022 10:00

Lonjakan Harga Cabai Bikin Penjual Makanan Pedas di Tuban Menjerit Komoditas cabai di Tuban harganya masih tinggi, belum ada tanda-tanda akan stabil. (Foto:Sav/blokTuban.com)

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kenaikan harga komoditas cabai beberapa minggu trakhir ini membuat para pedagang makanan menjerit. Hingga saat ini, data yang diterima blokTuban.com, harga berbagai jenis cabai kian meroket. 

Jika sebelumnya harga cabai rawit dijual dengan harga Rp65 ribu, kini naik pesat menjadi Rp95 ribu per kilogram hanya dengan hitungan hari. Sementara cabai kriting yang semula Rp50 ribu saat ini menjadi Rp70 ribu per kilogram. Sedangkan cabai plompong saat ini bertengger diangka Rp60 ribu dengan harga sebelumnya Rp55 ribu per kilogram. 

Maka tak heran, jika naiknya sejumlah komoditi cabai ini membuat para pedagang makanan di Kabupaten Tuban mengeluh. Salah satunya, Tin perempuan berusia 41 yang berjualan berbagai macam makanan pedas di Desa Patihan, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. 

Baca Juga : Imbas cabai Mahal, Pedagang Makanan Pedas di Tuban Pilih Berhenti Jualan Sementara

Menurutnya, naiknya sejumlah cabai saat ini sangat parah, sehingga membuatnya susah untuk berjualan. Sebab, hingga kini ia masih enggan menaikkan harga dagangannya lantaran khawatir pelanggannya kabur. 

“Nggak cuma cabai saja bawang juga naik, apa-apa naik pusing saya. Kali ini  naiknya sudah parah menurut saya sampai mau Rp100 ribu, kemarin hari raya saja nggak seperti ini,” keluhnya kepada blokTuban.com, Jumat (10/6/2022). 

Baca Juga : Harga cabai di Tuban Melonjak, Petani: Dipengaruhi Cuaca dan OTP

Kendati harga bahan pokok dinilainya sudah melebihi batas, namun ia tetap melanjutkan usahanya itu. Menurutnya, hal ini merupakan salah satu resiko dari pekerjaannya. Kendati ia juga tidak menutup kemungkinan untuk menaikkan harga jual dagangannya jika harga cabai masih terus melonjak. 

Sementara itu, Suratmi, penjual gorengan juga mengeluhkan hal yang serupa. Sebab, ditengah tingginya harga komoditi cabai ia masih harus menyediakan cabai kepada para pembelinya sebagai pelengkap dari makanan yang ia jual tersebut. 

Baca Juga : 5 Kabupaten Produsen cabai Tertinggi di Jatim, Salah Satunya Tuban

Meski demikian, saat ini ia mengaku mengurangi jumlah porsi cabai untuk pembeli dari sebelumnya. “Nggak bisa berbuat apa-apa, cuma bisa mengurangi cabai saja, kadang juga ada orang yang sudah ngerti jadi minta petis saja. Ini harganya juga sekarang sudah naik jadi Rp1000 karena minyak mahal,” katanya. 

Oleh karena itu, Suratmi berharap jika harga cabai bisa segera kembali normal, agar ia tidak perlu lagi memikirkan harga cabai yang semakin tidak terkendali seperti saat ini. [Sav/Ali]

 

Dapatkan berita Tuban menarik lainnya hanya DI SINI. 

 

Tag : Tuban, berita Tuban, Kabupaten Tuban, harga cabai pedas, cabai mahal, pedagangan menjerit, makanan pedas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat