Sempat Tertunda Administrasi, Akhirnya Wabup Tuban Riyadi Bisa Berangkat Haji

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabar gembira datang dari Wakil Bupati Tuban, Riyadi, akhirnya dapat berangkat haji ke Tanah Suci setelah sempat tertunda masalah administrasi. Wabup asal Kecamatan Rengel ini dikabarkan bertolak dari Tuban ke Surabaya pada Selasa (7/6/2022) pagi. 

Keberangkatan Wabup Riyadi menunaikan rukun Islam kelima, dibenarkan oleh Humas Kantor Kemenag Tuban, Laidia Maryati. Kepada blokTuban.com, Laidia saat ini masih menunggu konfirmasi kloter yang diikuti Wabup Riyadi. 

"Pagi tadi pak Riyadi berangkat haji dari Tuban. Kami masih menunggu kepastian ikut kloter berapa, info awal Kloter 6," ujar Laidia. 

 

Baca Juga : Wabup Riyadi Gagal Berangkat Haji Bersama 446 CJH Tuban Kloter 1, Ini Kata Bupati Lindra

Sebelumnya, Wabup Riyadi harusnya dapat berangkat haji pada Jumat (3/6/2022) bersama 446 Calon Jemaah Haji (CJH) Tuban kloter 1. Gara-gara persoalan administrasi belum beres, akhirnya Wabup batal berangkat ke Tanah Suci. 

Selain Wabup Riyadi, ada tiga CJH lainnya yang juga tidak bisa berangkat, karena ada yang menjalani Isolasi Mandiri (Isoman) Covid-19 dan satu pemulihan pasca operasi.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky mengatakan, semula jumlah peserta Kloter 1 sebanyak 450 CJH, akan tetapi ada empat CJH yang gagal berangkat dan semoga dapat ikut ke kloter 2. Diantara empat CJH yang gagal ikut kloter 1 adalah Wakil Bupati Tuban, Riyadi. 

"Karena Wabup Riyadi adalah pejabat publik, maka harus ada ijin cuti. SK nya sudah turun, tinggal mengajukan untuk cuti dan ijin ke Mendagri," ujar Bupati Lindra kepada blokTuban.com. 

Selanjutnya, sebanyak 146 Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban kloter kedua diberangkatkan Sekda Tuban, Budi Wiyana menuju Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Sabtu (04/06/2022). 

Jumlah total CJH asal Kabupaten Tuban yang berangkat pada musim haji tahun 2022 ini berjumlah sebanyak 593 orang. Pada kloter pertama CJH yang diberangkatkan kemarin berjumlah 446 orang. Adapun satu orang belum bisa berangkat karena masih terpapar Covid. [Ali]