17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |   18:00 . Capaian Vaksin Booster di Tuban 34,42%   |   17:00 . Pemkab Tuban Libatkan Kejaksaan di Proyek Pembangunan, Diminta Deteksi Dini Masalah   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Waspada! Penyakit Menular Karena Air Saat Berenang di Kolam Umum

bloktuban.com | Monday, 06 June 2022 08:00

Waspada! Penyakit Menular Karena Air Saat Berenang di Kolam Umum Kolam renang umum tempat bermain anak-anak. (Sav/blokTuban.com)

Reporter: - 

blokTuban.com - Penting diketahui, kolam renang yang dibuka untuk umum rawan menjadi tempat penularan penyakit yang penyebarannya  melalui media air  atau ilmiahnya disebut Recreational Water Illness (RWI).

Sementara itu, jamak ditemui pemandian kolam buatan banyak dibuka di berbagai wilayah dari perkotaan hingga pedesaan. 

Penyakit air yang sering dijumpai adalah diare. Penyakit yang menyerang pencernaan ini biasanya terjadi pada anak-anak.

"Infeksi paling umum yang didapat di kolam renang adalah diare," jelas Direktur dan Kepala Unit Pulmonologi di Rumah Sakit Fortis Escorts, Faridabad, Ravi Shekhar Jha.

Jha mengatakan rata-rata setiap orang pada tubuhnya memiliki 0,14 gram kotoran yang menempel pada tubuh. Ketika seseorang menderita sakit tertentu dan masuk ke kolam umum, 'kotoran' yang menyatu dengan tubuh bisa jadi menyebarkan virus dan mencemari air.

Selain diare, Jha mengatakan penyakit ar yang umum adalah infeksi kulit, infeksi saluran pernapasan, infeksi telinga dan infeksi mata.

"Ini adalah bagian tubuh yang terpapar langsung dan sebagian besar disebabkan oleh organisme yang secara alami hidup di air," sambungnya, dilansir Times of India.

Organisme umum yang menyebabkan infeksi kolam renang adalah cryptosporidium, Legionella, Pseudomonas, Noroviris, Shigella, E. Coli, dan Giardia

Kondisi air dan kolam menjadi faktor penyakit air ini mudah terjangkit. Bakteri kimia yang mengkontaminasi air kemudian tertelan tanpa sengaja, terhirup uapnya atau tersentuh air menjadi penyebabnya. 

Misalnya infeksi pada telinga terjadi ketika air yang terkontaminasi terebut terperangkap dalam salurang dan rongga telinga. Akibatnya bakteri dan beberapa jenis jamur masuk ke area telinga yang sensitif.

Infeksi telinga bias sembuh dengan sendirinya, tapi telinga yang erinfeksi dapat terjadi pembengkakan, sakit nyeri bahkan gatal.

"Beberapa orang yang menelan air terkontaminasi bakteri dapat mengalami gangguan pernapasan karena bakteri Legionella," ujar Jha.

Perawatan air meski kolam umm saat ini sudah menggunakan bahan klorin atau bromin untuk menminimalisir kontaminasi air. (suara.com)

 

Tag : kolam renang umum, Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat