230 Kader Pagar Nusa Jenu Peringati Hari Lahir Pancasila

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pimpinan Anak Cabang (PAC) Pagar Nusa Jenu peringati kegiatan apel upacara hari lahir Pancasila yang dilaksanakan di Mangrove Center Jenu, Rabu (01/5/2022). Kegiatan tersebut semakin meriah, sebab dibarengi dengan halal bihalal sekaligus ujian kenaikan tingkat PAC Pagar Nusa Jenu yang diikuti 230 kader pesilat. 

Moch. Abdul Mujib, Ketua PC Pagar Nusa Tuban dalam apel upacara hari lahir Pancasila mengatakan, kader Pagar Nusa diharuskan untuk menjadi pengayom dan penjaga keamanan di mana pun keberadaannya, serta menjaga akhlak yang baik.

"Kader-kader Pagar Nusa Jenu agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkunganya dan selalu menjadi pengayom masyarakat karena Pagar Nusa lahir dari NU lahir dari pondok pesantren NU yang selalu mengedepankan akhlakul karimah, serta selalu menjadi garda terdepan membela marwah NU, membela ulama dan Kiai," terangnya.

Turut menyampaikan juga, ustaz Nuryono Amin selaku Ketua PAC Pagar Nusa Jenu, bahwa UKT yang dilaksanakan dengan bertepatan pada peringatan hari lahir pancasila itu merupakan upaya untuk menyatukan seluruh kader Pagar Nusa tanpa memandang sebelah mata.

"Kegiatan ujian kenaikan tingkat ini adalah kegiatan yang bersamaan dengan acara hari lahir Pancasila yang bertema dengan semangat Pancasila Teguhkan komitmen kebangsaan, sebagaimana kami pesilat Pagar Nusa Jenu yang selalu berpegang pada norma-norma Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia agar diterapkan di kehidupan masyarakat tanpa membeda-bedakan seperti yang sudah di sampaikan oleh Sesepuh atau Muassis Pagar Nusa KH. Muslim Rifai Imampuro Pendiri Pondok Pancasila Sakti Klaten NKRI Harga Mati," tuturnya.

Sementara itu, Menurut Drs. Mukhlasin selaku perwakilan dari MWC NU Jenu menyampaikan bahwa Pagar Nusa adalah salah satu banom NU yang akan terus menjadi pendekar pengayom masyarakat dan menjaga akhlaknya itu yang paling penting.

"Pagar Nusa Jenu agar selalu menjadi pendekar yang berakhlakul karimah menjadi pengayom masyarakat, pendekar lingkungan masing-masing," katanya.

Kegiatan Halal Bihalal dan Ujian Kenaikan Tingkat ini di hadiri oleh Ketua PC Pagar Nusa Tuban, Jajaran Forkopimka Jenu (Camat, Kapolsek, Danramil), DPRD Tuban Fahmi Fikroni, dan Mutafarida, MWC NU beserta Banom NU, dan para sesepuh Pagar Nusa Kecamatan Jenu.

Terakhir, kegiatan tersebut di akhiri dengan bersih-bersih pantai yang kemarin wilayah pantai utara Tunna terdampak banjir rob. [Ali]