23:00 . Inilah Alasan Dalang Kuat Duduk Berjam-Jam Tanpa Buang Air   |   22:00 . Thak-Thakan dan Ongkek Resmi Jadi Kekayaan Kesenian Budaya Milik Tuban   |   21:00 . Kecanggihan Teknologi, Disdukcapil Tuban: Semua Identitas Kependudukan Cukup Diakses dengan Smartphone   |   20:00 . Mendalang Sejak Kecil, Pria di Tuban Tekuni Juga Tekuni Seni Pembuatan Wayang Kulit   |   19:00 . Angka Stunting Tuban 21,5 Persen, Dinkes Minta Persalinan Ditangani Nakes   |   18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |  
Sat, 28 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kukuhkan 20 PAC IKA PMII se-Kabupaten Tuban, Cak Thoriq Sampaikan Ini

bloktuban.com | Sunday, 29 May 2022 19:00

Kukuhkan 20 PAC IKA PMII se-Kabupaten Tuban, Cak Thoriq Sampaikan Ini

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebanyak 20 Pimpinan Anak Cabang Ikatan Alumni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PAC IKA PMII) se-Kabupaten Tuban periode 2022-2027 resmi dikukuhkan di Aula SMP BAS Tuban, Minggu (29/5/2022). Pembacaan naskah pengukuhan dipimpin langsung ketua IKA PMII Jawa Timur (Jatim), Thoriqul Haq dan didampingi ketua PC IKA PMII Tuban, Khoirul Huda.

Ketua PC IKA PMII Tuban, Khoirul Huda menjelaskan bahwa PMII adalah Banom Nahdlatul Ulama (NU). Secara otomatis IKa PMII juga bagian dari NU.

"Oleh karena itu dibentuknya IKA PMII tingkat PAC ini sebagai upaya menyatukan kader-kader yang sebelumnya tercecer: istilah jawanya nglumpukke balung kececer (mengumpulkan tulang yang tercecer). Ternyata kader-kader kami di tingkat Kecamatan bahkan desa ada semua. Dan mereka sudah berkontribusi di NU," kata Huda mengawali sambutannya.

Dengan dibentuknya IKA PMII tingkat PAC ini, selain menghimpun yaitu untuk distribusi kader. Sebab kader-kader ini tidak hanya di politik, namun juga banyak yang berkiprah di pendidikan dan pesantren atau mungkin di sektor lain.

"Kita akan memberikan kesempatan yang sama sesuai potensi kader dan pasti akan kita dorong jika statusnya sudah terdeteksi," tandasnya.

Pada prinsipnya, lanjut kang Huda, sapaan akrabnya, dulu di PMII itu gesekan hal biasa karena sebagian dari proses. Namun ketika sudah masuk IKA PMII wajib saling support.

"Apapun bentuknya, apapun latarbelakangnya kalau sama-sama lahir dari PMII wajib kita support," imbuhnya dengan tegas. 

Di kesempatan yang sama, ketua IKA PMII Jatim menuturkan, potret PMII jaman dulu itu hasilnya adalah IKA PMII yang sekarang. Gairah PMII yang dibangun adalah ideologi ke-NU-an dan kekuatan yang dibangun.

Polarisasi gerakan ke-PMII-an dari waktu ke waktu mengalami perkembangan. Pada jaman dulu tugas PMII menyiapkan kader-kader yang independen dan tantangannya tidak mudah. 

"Jadi cetakan-cetakan produksi kader PMII waktu itu yang bergairah dengan seluruh tantangannya yang dipersiapkan, hari ini adalah potretnya," ujar Cak Thoriq.

Cak Thoriq merasa bangga, pemimpin yang sekarang menjabat sebagaian adalah kader PMII, karena ada evaluasi perubahan sistem kenegaraan pasca reformasi. Untuk itu ia dengan tegas berkata, perlu regenerasi dan tantangan ke depan bukan tantangan hari ini.

"PMII sebagai produksi kepemimpinan yang basisnya adalah produksi intelektualitas dan akademis serta kulitas kapabilitas, PMII harus menyiapkan untuk siap berkompetisi," kata Cak Thoriq.

Tugas IKA PMII Tuban, lanjutnya, adalah mempersiapkan untuk mendidik kader secara benar. Harus ada golongan orang-orang berkualitas yang lahir dari PMII.

"Tantangan NU ke depan semakin berkembang, pelayanan masyarakat semakin berkembang dari semua jaringan dan jenjang. Ke depan yang dibutuhkan tidak hanya dari studi Islam tapi kader yang harus mengisi jalur-jalur profesi itu harus disiapkan. Yang bisa menyiapkan hanya PMII," tegas Bupati Lumajang tersebut.

Diketahui, pelantikan pengurus PAC IKA PMII se-Kabupaten Tuban tersebut dihadiri jajaran pengurus PCNU Tuban dan Banomnya, Forkopimda setempat, perwakilan pengurus PA GMNI, KAHMI, dan pengurus IKA PMII kabupaten tetangga.

Selain pelantikan pengurus, forum ini juga dijadikan sebagai ajang Halal Bihalal. [Rof]

Tag : pmii, tuban, pac



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat