Akibat Cuaca Ekstrem, Perahu Nelayan Tuban Tenggelam

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Cuaca ekstrem dengan angin kencang dan juga gelombang tinggi yang terjadi di Laut Utara Kabupaten Tuban mengakibatkan sebuah perahu milik nelayan di Tambakboyo tenggelam, pada Selasa kemarin (24/5/2022). 

Diketahui, perahu tersebut milik Santiman (64) warga Desa Kinanti, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban. 

Menurut informasi yang dihimpun oleh blokTuban.com, peristiwa tersebut diketahui pertama kali oleh Santiman pada pukul 05.00 Wib. Setelah mengetahui hal ini, tak selang beberapa lama pemilik perahu langsung meminta bantuan BPBD Tuban untuk melakukan evakuasi. 

“Pemilik perahu mengetahui perahunya tenggelam pada pukul 05.00 wib hari ini. Pihak pemilik perahu meminta bantuan tim BPBD untuk mengevakuasi perahu miliknya yang tenggelam disebabkan gelombang tinggi dan angin kencang,” ungkap Kepala Pelaksana BPBD Tuban, Sudarmaji, Rabu (25/5/2022). 

Setelah beberapa tim BPBD Tuban mendatangi tempat kejadian dan membantu pemilik untuk mengevakuasi perahu selama beberapa jam, akhirnya beberapa Travo dan 1 buah Acu berhasil ditemukan oleh tim yang bertugas. 

Selain itu, perahu milik Santiman yang tenggelam juga diketahui telah berhasil terangkat setengah badan,  selang beberapa menit barulah proses evakuasi dihentikan  dan selanjutnya menunggu perkembangan di lapangan. 

 

“Pukul 15.15 WIB, Travo yang berjumlah 4 buah dan 1 buah Acu berhasil dievakuasi ke darat. Perahu sudah terangkat setengah badan, pukul 16.00 wib OPS dihentikan,” pungkasnya.  [Sav/Dwi]