333 Warga Nahdliyin Tuban yang Kesulitan Membaca Dapat Kacamata Gratis

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Gelar bakti sosial Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sodaqah Nahdlatul Ulama (Lazis NU) berkerjasama dengan Ikatan Profesi Optometris Indonesia (Iropin) Jawa Timur memberikan 10 ribu kacamata kepada Guru Ngaji, anak yatim dan kaum duafa diseluruh Jawa Timur.

Ketua PC Lazis NU Tuban, Ida Musthofa, saat dikonfirmasi disela-sela kegiatan Senin (23/5/2022), menuturkan dari catatan yang masuk Kabupaten Tuban mendapatkan jatah 333. Di mana mereka yang telah terdata ini datang ke kantor PCNU Tuban guna melakukan pemeriksaan mata dan nantinya akan mendapatkan kacamata gratis.

“Alhamdulillah hari ini ada bantuan kacamata yang diperuntukkan untuk para guru ngaji, anak yatim dan kaum duafa. Di mana di Kabupaten Tuban ini masih banyak ibu-ibu di desa-desa yang usianya diatas 50 tahun masih mengajar walaupun tidak dilembaga pendidikan resmi yang penglihatannya sudah mulai menurun ini menjadi sasaran kita,” terang Ida Musthofa.

Kegiatan ini berawal dari banyaknya warga Nahdliyin yang usai diatas 40 tahun menggeluhkan kesulitan membaca karena adanya penurunan penglihatan. Dari situlah PW Lazis NU bekerjasama dengan Iropin Jatim berinisiatif melaksanakan memberikan bantuan kacamata.

“Berangkat dari banyaknya keluhan penurunan penglihatan ini, PW Lazis NU Jatim bersama Iropin melakukan bakti sosial gerakan 10 ribu kacamata gratis. Alhamdulillah saat ini bisa terealisasi di Tuban,” ujar Ida Musthofa.

Ketua Iropin Jawa Timur, Beni Pujo Sayogo menuturkan, kegiatan ini berawal dari surat PW Lazis NU dan kebetulan sejalan dengan Iropin Jawa Timur. Ia berharap kegiatan tersebut bisa membantu para guru ngaji menanggani gangguan kesehatan mata.

“Dengan bantuan ini, semoga bisa membantu para guru ngaji saat mengajar maupun membaca kitab dan tentunya kami berharap ini bermanfaat bagi mereka,” jelasnya .

Pihaknya juga menghimbau agar masyarakat terutama warga nahdiyin untuk menjaga kesehatan mata dengan makan makanan yang dapat membantu menyehatkan mata, karena penurunan gangguan mata tidak hanya karena faktor usia.

“Tidak bisa dipungkiri kita hidup di era modern yang tiap hari sering melihat layar monitor maupun hp, dari radiasi ini sedikit banyak akan mempengaruhi kesehatan mata,” ujar pria asal Jatirogo ini.

Sementara itu, Wakil Ketua Tanfidziyah PCNU Tuban, Muhtarom memberikan apresiasinya kepada PW Lazis NU dan juga Iropin Jawa Timur yang telah melaksanakan kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan kemanusiaan tidak sebatas pembagian kacamata saja bisa ke lainnya, tetapi ini adalah kegiatan yang luar biasa. 

“Semoga dengan adanya bantuan ini semakin menambah semangat para guru ngaji ustadz ustadzah yang tidak pernah lelah membimbing generasi muda. Kami juga mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kerja samanya PW Lazis NU dan Iropin semoga ini bermanfaat untuk umat,” pungkasnya. [Ali]