Orangtua, Ini Tips Mendorong Anak untuk Mau Mengonsumsi Makanan Sehat

Reporter: -

blokTuban.com - Memerhatikan kebutuhan nutrisi merupakan hal penting bagi kesehatan anak. Bagi sebagian orangtua, hal itu merupakan tantangan besar.

Untuk mengetahui bagaimana cara mendorong anak mau makan makanan sehat, simak tips dari Ahli Gizi Dr. Kriti Israni berikut ini.

1. Anak Melakukan Apa yang Orangtua Lakukan

Salah satu cara paling sederhana dan efektif untuk mendorong anak adalah, dengan meniru perilaku mengonsumsi makanan sehat.

Sebab, anak otomatis akan mengikuti apa yang orangtua lakukan. Jika Anda sebagai orangtua menerapkan pola makan sehat, anak akan mengikuti gaya hidup Anda.

2. Biarkan Anak Menjelajahi Buah dan Sayuran Secara Alami

Ketika Anda memperkenalkan makanan padat kepada anak usia enam bulan, ada baiknya biarkan anak menjelajahi buah dan sayuran alami.

Cara ini dapat menumbuhkan kesadaran dan minatnya sejak dini. Untuk itu, biarkan mereka menjelajahi berbagai macam makanan sehat.

3. Terlibat dalam Persiapan Makanan Sehat

Teknik ini perlu dilakukan jika Anda ingin mendorong anak mengonsumsi makanan sehat.

Dengan melibatkan anak dalam mempersiapkan makanan sehat, dampaknya tentu sangat positif untuk membentuk kebiasaan ke depannya.

4. Bicarakan Tentang Kebiasaan Makan Sehat

Cara kreatif selanjutnya adalah libatkan anak dalam membicarakan tentang kebiasaan makan sehat, bagaimana menyiapkan makanan sehat, serta manfaatnya.

Teknik ini merupakan pendorong anak untuk membiasakan makan sehat. Dan sebagai orangtua, Anda bisa gunakan permainan, bercerita, hingga bernyanyi.

*Sumber: suara.com