11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |   13:00 . Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah   |   12:00 . Polres Tuban Tampilkan Kolosal Bumi Putera di Gebyar Malam Puncak Harmoni Nusantara 2022   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Perbaikannya Habiskan APBD Milyaran Rupiah, Ternyata Ini 3 Alasan Penutupan Jembatan Glendeng Tuban

bloktuban.com | Saturday, 21 May 2022 11:00

Perbaikannya Habiskan APBD Milyaran Rupiah, Ternyata Ini 3 Alasan Penutupan Jembatan Glendeng Tuban Penutupan Jembatan Glendeng beberapa waktu lalu sebelum dipasang portal besi. (dok.blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Jembatan Glendeng yang berada di Desa Simo, Kecamatan Soko dan menghubungkan Kabupaten Tuban dan Bojonegoro mulai Sabtu (21/5/2022) ditutup total bagi kendaraan dan pejalan kaki. 

Padahal, jembatan sepanjang 310 meter dengan lebar 5 meter itu baru saja direnovasi dan dibuka untuk kendaraan R2 dan R4. Perbaikannya menelan anggaran milyaran rupiah dari APBD Tuban 2021, akan tetapi karena ada beberapa sebab akhirnya forum lalu lintas Kabupaten Tuban dan Bojonegoro sepakat untuk menutup kesekian kali dengan batas waktu yang tidak tentu. 

Semenjak adanya kabar penutupan total lagi Jembatan Glendeng, muncul beragam komentar netizen di sosial media. Hampir semua grup Fb Kabupaten Tuban ramai perbincangan jembatan yang longsor pada November 2020 itu. Mereka mempertanyakan keseriusan perbaikan yang menelan anggaran milyaran tersebut. 

Baca berita sebelumnya : Bahayakan R2 dan R4, Jembatan Glendeng Tuban Besok Ditutup Total

Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Tuban setidaknya memiliki tiga alasan krusial mengapa Jembatan Glendeng harus ditutup kembali. Sebelum adanya kesepakatan penutupan, telah dilakukan kajian teknis jembatan pada 20 Januari dan 26 Maret 2022 oleh pemerintah. 

Rekomendasi yang ditandatangani Kadis PUPR dan PRKP, Agung Supriyadi itu menyebut kondisi jembatan saat ini mengalami penurunan pilar jembatan sekitar 30 centimeter yang mengakibatkan tumpukan jembatan pendekat menggantung, sehingga saat ini kondisi pelat lantai bertumpu pada back wall bukan pilar.

Kondisi pile cap pilar sudah tidak rata lagi serta terdapat selisih beda tinggi antara ujung pilar arah Bojonegoro dan ujung pilar arah Tuban sekitar 25 centimeter kemiringan ke arah Tuban. 

“Termasuk juga terjadi penurunan elevasi abutmen jembatan pendekat sekitar 4 centimeter," ujar Agung usai rapat terbatas di Polres Tuban, Jumat (20/5) siang. 

Diberitakan sebelumnya, KBO Satlantas Polres Tuban, Ipda Sampir Santoso menambahkan, sesuai rekomendasi forum lalulintas kedua wilayah, setiap kendaraan baik roda dua maupun roda empat tidak diperbolehkan melewati jembatan penghubung kedua wilayah tersebut, termasuk bagi pejalan kaki.

"Selama jembatan ditutup, setiap kendaraan yang menuju wilayah Bojonegoro harus kembali memutar melalui jalur Soko - Parengan - Ponco untuk menuju Bojonegoro. Begitu juga arus sebaliknya yang mengarah ke Tuban," tandasnya. [Ali]

Tag : Tuban, jembatan Glendeng, tutup total, perbaikan miliyaran rupiah, longsor, APBD 2021



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat