11:00 . Kopi Dicampur Kunyit Bisa Mencegah Diabetes? Ini Alasannya   |   10:00 . Trending Youtube, Lirik Lagu Ay-Yo - NCT 127 (Repackaged) Lengkap Beserta Terjemah Indonesia   |   09:00 . Harga Emas Antam Hari ini 31 Januari Turun di Level Rp1.027.000 Per Gram   |   08:00 . Keutamaan Mengamalkan Doa Sapu Jagat, Dibaca Setelah Sholat Fardhu   |   07:00 . Resep Prol Tape Tanpa Pakai Mixer, Bisa Langsung Dicoba di Rumah   |   18:00 . Ular Piton Sepanjang 4 Meter Ditemukan di Kandang Ayam Milik Warga di Tuban   |   17:00 . Satus Sengketa Tanah Warga dan Polri di Tuban, Adalah Lapangan Tembak Milik Polres   |   16:00 . Boster ke-2 Sudah Disediakan Bagi Masyarakat Tuban Untuk Cegah Varian Covid Lainnya   |   15:00 . Narapidana Terorisme asal Kudus Dibebaskan Bersyarat oleh Lapas Tuban   |   14:00 . Mengenal Ajian di Budaya Jawa yang Telah Ada Sejak Jaman Dulu   |   13:00 . Turun Rp5.000, Cabai Rawit di Tuban Kini Jadi Rp50.000/Kilogram   |   12:00 . 5 Lokasi Beli Ice Cream Enak dan Murah di Tuban   |   11:00 . Manfaat Bersihkan Area Gigi dengan Siwak, Sunnah Rasulullah Sejak Dulu   |   10:00 . Lirik Lagu No Comment - Tuty Wibowo Feat Bunda Corla Kembali Viral   |   09:00 . Penghujung Januari 2023, Harga Emas Antam Stagnan Selama 3 Hari di Level Rp1.029.000 Per Gram   |  
Tue, 31 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Perbaikannya Habiskan APBD Milyaran Rupiah, Ternyata Ini 3 Alasan Penutupan Jembatan Glendeng Tuban

bloktuban.com | Saturday, 21 May 2022 11:00

Perbaikannya Habiskan APBD Milyaran Rupiah, Ternyata Ini 3 Alasan Penutupan Jembatan Glendeng Tuban Penutupan Jembatan Glendeng beberapa waktu lalu sebelum dipasang portal besi. (dok.blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Jembatan Glendeng yang berada di Desa Simo, Kecamatan Soko dan menghubungkan Kabupaten Tuban dan Bojonegoro mulai Sabtu (21/5/2022) ditutup total bagi kendaraan dan pejalan kaki. 

Padahal, jembatan sepanjang 310 meter dengan lebar 5 meter itu baru saja direnovasi dan dibuka untuk kendaraan R2 dan R4. Perbaikannya menelan anggaran milyaran rupiah dari APBD Tuban 2021, akan tetapi karena ada beberapa sebab akhirnya forum lalu lintas Kabupaten Tuban dan Bojonegoro sepakat untuk menutup kesekian kali dengan batas waktu yang tidak tentu. 

Semenjak adanya kabar penutupan total lagi Jembatan Glendeng, muncul beragam komentar netizen di sosial media. Hampir semua grup Fb Kabupaten Tuban ramai perbincangan jembatan yang longsor pada November 2020 itu. Mereka mempertanyakan keseriusan perbaikan yang menelan anggaran milyaran tersebut. 

Baca berita sebelumnya : Bahayakan R2 dan R4, Jembatan Glendeng Tuban Besok Ditutup Total

Kendati demikian, Pemerintah Kabupaten Tuban setidaknya memiliki tiga alasan krusial mengapa Jembatan Glendeng harus ditutup kembali. Sebelum adanya kesepakatan penutupan, telah dilakukan kajian teknis jembatan pada 20 Januari dan 26 Maret 2022 oleh pemerintah. 

Rekomendasi yang ditandatangani Kadis PUPR dan PRKP, Agung Supriyadi itu menyebut kondisi jembatan saat ini mengalami penurunan pilar jembatan sekitar 30 centimeter yang mengakibatkan tumpukan jembatan pendekat menggantung, sehingga saat ini kondisi pelat lantai bertumpu pada back wall bukan pilar.

Kondisi pile cap pilar sudah tidak rata lagi serta terdapat selisih beda tinggi antara ujung pilar arah Bojonegoro dan ujung pilar arah Tuban sekitar 25 centimeter kemiringan ke arah Tuban. 

“Termasuk juga terjadi penurunan elevasi abutmen jembatan pendekat sekitar 4 centimeter," ujar Agung usai rapat terbatas di Polres Tuban, Jumat (20/5) siang. 

Diberitakan sebelumnya, KBO Satlantas Polres Tuban, Ipda Sampir Santoso menambahkan, sesuai rekomendasi forum lalulintas kedua wilayah, setiap kendaraan baik roda dua maupun roda empat tidak diperbolehkan melewati jembatan penghubung kedua wilayah tersebut, termasuk bagi pejalan kaki.

"Selama jembatan ditutup, setiap kendaraan yang menuju wilayah Bojonegoro harus kembali memutar melalui jalur Soko - Parengan - Ponco untuk menuju Bojonegoro. Begitu juga arus sebaliknya yang mengarah ke Tuban," tandasnya. [Ali]

Tag : Tuban, jembatan Glendeng, tutup total, perbaikan miliyaran rupiah, longsor, APBD 2021



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat