Angin Puting Beliung Terjang Desa Socorejo, Masjid dan Rumah Warga Alami Kerusakan

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Angin puting beliung menerjang pemukiman warga di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban pada Kamis sore (19/5/2022). Kejadian tersebut menyebabkan sejumlah pohon, masjid dan beberapa bangunan milik warga mengalami kerusakan ringan hingga sedang.  

Kepala Desa Socorejo, Arif Rahman mengungkapkan jika hujan deras disertai angin kencang mengguyur desa kurang lebih satu jam. Imbasnya sejumlah atap rumah warga ikut terbang terbawa angin. 

“Iya benar di Dusun Socorejo, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban telah terjadi bencana angin puting beliung,” terangnya kepada blokTuban.com saat dimintai konfirmasi, Jumat (20/5/2022). 

Dilaporkan kerusakan bangunan rumah menimpa empat warga setempat. Kerusakan terjadi pada bagian genteng rumah milik Mulyadi, Masiran, Wasiran dan Junaedi, sedangkan untuk warung milik Bambang rusak pada bagian asbes. 

Tidak hanya merusak 4 rumah warga saja, kencangnya angin puting beliung itu juga menerjang sebuah masjid. Bagian atap masjid yang terbuat dari asbes itu porak poranda akibat diterjang angin. 

“Masjid rusak pada asbes, dan pagar PT. KIT roboh kurang lebih 300 meter,” jelasnya. 

Kendati menimbulkan kerusakan, beruntung dalam insiden tersebut tidak ada korban jiwa. Namun kerugian materil yang dialami warga ditaksir mencapai Rp155 juta. Setelah dilakukan pendataan, selanjutnya pemerintah desa bersama dengan BPDB Tuban, Satpol PP, TNI dan kepolisian setempat melakukan kerja bakti guna melakukan perbaikan. 

“Tidak ada korban jiwa dan sudah diperbaiki,” imbuhnya. [Sav/dwi]