Pemkab Tuban Belum Temukan Sapi Suspect PMK

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pemerintah Kabupaten Tuban, melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) menyambangi pasar hewan yang berada di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding untuk melakukan pemeriksaan kesehatan sapi. 

Turut hadir pada kegiatan tersebut dokter dan mantri hewan DKPPP Tuban, petugas  Polres Tuban, Kodim Tuban, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, Camat serta Satpol PP Kabupaten Tuban. 

Adapun kegiatan ini sendiri, dilakukan guna mengantisipasi serta meminimalisir adanya penularan wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan berkuku belah, khususnya hewan ternak sapi, Selasa (17/5/2022). 

Selain memeriksa sejumlah sapi di Pasar Hewan tersebut, petugas yang berada di lokasi juga melakukan penyemprotan disinfektan terhadap sapi yang akan masuk maupun keluar dari pasar hewan. 

Menurut Kepala Bidang (Kabud) Kesehatan Hewan DKPPP Kabupaten Tuban, Pipin Diah Larasati jika dari hasil pemeriksaan di Pasar Hewan tersebut tidak ditemukan sapi yang terserang wabah PMK maupun yang bergejala. 

“Di pasar hewan hingga saat ini  belum ada (sapi yang terindikasi suspect PMK di Kabupaten Tuban),” terang Pipin kepada blokTuban.com saat dimintai keterangan. 

Kendati demikian, ia tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk segera melapor kepada petugas terkait apabila sapi atau hewan ternaknya mengalami gejala awal PMK seperti lesi-lesi atau sariawan di mulut, air liur berlebih hingga pincang pada kaki akibat adanya luka. 

“Jika awal dilakukan dan dilaporkan maka tingkat kesembuhan tinggi,” pungkas wanita ramah tersebut. [Sav/Ali]