Malam Ini Halal Bihalal Hisbu Jamissbon di Desa Gaji Dihadiri Sejumlah Tokoh Penting

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com – Himpunan Santri Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dan Jam’iyyah Islamiyyah Santri Sunan Bonang (Hisbu Jamissbon) melaksanakan kegiatan santunan dan Halal Bihalal di Desa Gaji, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban, Sabtu(7/5/2022). 

Kegiatan yang digelar pukul 18.15 Wib di Musala Darul Hidayah Kampung Bumi Damai Desa Gaji itu, turut dihadiri beberapa tokoh penting, seperti KH. Abd. Kholiq Hasan (salah satu pengasuh Pondok Pesantren Tambakberas Jombang), KH. Fathul Huda (mantan Bupati Tuban), dan Syafiq Syauqi (ketua PW Ansor Jawa Timur). 

Kegiatan yang juga dihadiri seluruh alumni HISBU JAMISSBON itu, sempat berhenti digelar selama dua tahun imbas dari pandemi Covid-19. Setelah corona melandai dan Pemerintah mengijinkan masyarakat untuk mudik, maka Halal Bihalal kembali digelar bersamaan dengan penutupan Safari Ramadan di Desa Gaji. 

Ketua Hisbu Jamissbon, Ahmad Sulthan Maulana (17) mengatakan, selama Safari Ramadan 1443 H diisi dengan kegiatan keislaman, mengadakan lomba, serta gotong royong dengan masyarakat. 

"Selain sebagai organisasi para santri Tuban yang menuntut ilmu di Pondok pesantren Tambakberas Jombang, Hisbu Jamissnon menjadi wadah para santri untuk belajar berorganisasi dan juga mengamalkan ilmu yang telah didapatkan di pesantren," ujarnya kepada blokTuban.com. 

Sementara itu, pembina Hisbu Jamissbon, M. Zulianto (35) mengharapkan, para alumni menjadi pribadi yang tangguh dan teguh dalam pendiriannya. Misalnya ketika memutuskan untuk terjun ke lapangan harus sampai berhasil. 

"Ingat selalu pesan dari KH. Wahab Hasbullah bahwa tidak ada uzur dalam berjuang," sambungnya. 

Ia mengapresiasi kepada 40-an santri yang melaksanakan Safari Ramadan tujuh hari mulai 21 sampai 27 April 2022. Kegiatan itu dimaksudkan sebagai kesempatan santri mengamalkan ilmunya dan caara berkomunikasi yang baik dengan masyarakat. [Nur/Ali]