Pojok Baca Fasilitas Unik di Pos Mudik Tuban, Sediakan 400 Koleksi Buku

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Salah satu fasilitas unik yang tersedia di Pos Pelayanan Lebaran Idul Fitri 1443 H Rest Area Kabupaten Tuban ialah pojok baca. Pojok baca ini merupakan inisiatif Kapolres Tuban, AKBP Darman agar pemudik lebih nyaman beristirahat. 

Fasilitas yang meningkatkan literasi para pemudik itu, juga dapat dikatakan sebagai satu-satunya yang ada di pos mudik Jawa Timur. Hal tersebut juga menjadi keungulan pos mudik di jalur Pantura. 

Petugas pojok baca, Pipin (30), mengatakan fasilitas di Rest Area Tuban ini telah dibuka sejak 28 April sampai 9 Mei 2022. Ada 400 judul buku yang disediakan, mulai dari buku bacaan anak, novel, religi, karya umum, dan lain sebagainya. Ratusan huku tersebut tertata rapi di sebuah mobil yang didesain seperti perpustakaan keliling.

"Untuk jam operasionalnya mulai 08.00 Wib sampai 16.00 Wib dan dijaga oleh petugas Perpustakaan Daerah Tuban," kata Pipin kepada blokTuban.com saat ditemui di Rest Area Tuban, Jumat (6/5/2022). 

Perempuan yang lahir di Bojonegoro ini menambahkan, dalam sehari rata-rata ada 10 orang yang mampir untuk membaca buku. Kebanyakan pembaca yang datang memilih waktu sore hari karena lebih teduh. 

Tak hanya pemudik, pojok baca juga kerap dimanfaatkan oleh petugas jaga di Pos Rest Area. Dengan membaca, petugas akan memiliki wawasan lebih dan menghilangkan kegabutannnya. 

"Untuk pemudik masih kecil minatnya membaca, biasanya mereka hanya berhenti membeli minuman, makanan, maupun pergi ke toilet," imbuhnya. 

Pipin memprakirakan, jumlah pembaca yang singgah di pojok baca akan meningkat seiring dengan datangnya arus balik lebaran 2022. [Nur/Ali]