Libur Lebaran 2022, Belasan Ribu Pengunjung Berwisata ke Pantai Kelapa Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Pantai menjadi salah satu sektor wisata yang paling banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Tuban. Pasalnya, selain terkenal dengan kota seribu goa, di Bumi Ronggolawe ini juga kaya akan keindahan pantai yang menjulur disepanjang jalan Pantura. 

Salah satu wisata pantai di Kabupaten Tuban yang ramai oleh pengunjung di libur lebaran 2022 ini, ialah Pantai Kelapa yang terletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban. 

Di sepanjang jalan Pantai yang dikenal dengan seribu pohon kelapa ini, nampak ribuan wisatawan menikmati suasana laut sambil berselfie ataupun bermain air. Namun, ada pula sebagian pengunjung yang duduk santai sambil menikmati jamuan makanan dan minuman yang telah tersedia di sepanjang wisata ini. 

Salah seorang wisatawan yang terlihat asik melahap makanan sambil bercengkrama bersama keluarganya ialah Mila Eva (23). Perempuan ramah itu mengatakan sangat menikmati berwisata di pantai ini. menurutnya, selain sejuk makanan yang dijajakan juga terbilang lengkap dan enak. 

“Dari rumah suami (Lamongan) memang sengaja datang ke sini untuk berlibur. Kami sudah sering berwisata ke sini, karena memang lumayan dekat dan makanannya lengkap, nggak takut ngeluarin uang banyak juga karena makanan dari yang murah sampai mahal ada disini,” katanya kepada blokTuban.com, Jumat (6/5/2022). 

Selain makanannya, lanjutnya jika ia sangat menyukai spot-spot foto yang ada di tempat ini. Meskipun harus mengentre beberapa waktu, ia mengaku rela demi ingin mendapatkan gambar yang aestethic di pinggir deburan ombak dengan spot foto yang menawan. 

“Paling suka yang dispot foto jembatan, itu kan aesthetic kalau dibuat selfie. Tapi memang harus antri kalau disitu dan nggak bisa lama-lama karena banyak yang mau juga foto disana, jadi kalau musim liburan gini memang cuma foto secukupnya, karena kalau foto banyak orang juga kan hasilnya jadi nggak bagus,” terangnya. 

Sementara itu pengunjung lain, Toha wisatawan asal Sidoarjo mengatakan jika tidak sengaja mampir karena menemukan pantai ini dari pencariannya di google, sehingga ia dan rombongan memutuskan untuk mampir karena dirasa tempatnya cukup indah untuk dikunjungi. 

“Sebenarnya nggak niat mampir kesini, ini tadi habis reoni an di keluarga Tuban pengen sekalian wisata, terus cari-cari di google kok nemu Pantai Kelapa ini. Setelah romobongan yang lain setuju, langsung kesini jaraknya juga lumayan dekat dari rumah saudara saya,” ungkapnya. 

Sekedar diketahui, dilibur panjang lebaran ini harga tiket masuk yang disediakan tidak berubah dengan hari-hari biasanya, yaitu Rp10 ribu untuk satu orang pengunjung. 

Ketua Pokdarwis Pantai Kelapa Tuban, Muhasan, menambahkan libur panjang hari raya tahun ini menjadi berkah bagi pedagang di Pantai Kelapa. Pada Senin kemarin, ada 700 orang untuk berwisata, kemudian Selasa 2000 orang, Rabu 7000 orang, dan Kamis 8.100 orang. 

"Kami prediksi puncaknya Sabtu dan Minggu, pengunjung akan melonjak karena menjadi hari libur terakhir," tutup Muhasan. [Sav/Ali]