BAZNAS Gelar Santunan 1.000 Yatim-Piatu dan Duafa di Tuban Bersama Gubernur Khofifah dan Mas Bupati

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Di bulan Ramadan 1443 H, BAZNAS Provinsi Jawa Timur beserta BAZNAS Kabupaten Tuban menggelar kegiatan santunan kepada 1.000 anak yatim-piatu dan duafa se-Kabupaten Tuban. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa didampingi oleh Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky dan Ketua Baznas Provinsi Jatim KH. Roziqi.

Kegiatan itu dilaksanakan di lapangan voli Gor Angga Jaya Anoraga Tuban. Turut hadir Wabup Tuban, Riyadi, Forkopimda Tuban Sekda Tuban Budi Wiyana, jajaran pengurus Baznas Jatim dan Tuban, pimpinan OPD terkait. Untuk penyerahan santunan dilakukan secara serentak dibantu oleh garda Covid-19 Kabupaten Tuban.

Gubernur Khofifah mengapresiasi tinggi pejuangan dan pengabdian dari Garda covid-19. Menurutnya, perjuang yang dilakukan akan menjadi sebuah ladang pahala.

"Semoga di catat sebagai amal ibadah kita,” ucap Khofifah dalam sambutannya, Kamis (28/4/2022).

Khofifah juga menambahkan, santunan yang dikumpulkan oleh BAZNAS akan di salurkan kepada Mustahiq yang membutuhkan. Diharapkan dapat membantu meringankan beban para mustahiq. 

Di bulan Ramadan ini, Khofifah juga menganjurkan agar memperbanyak bersedekah dan juga santunan. Dia berdoa agar di bulan Ramadan membawa keberkahan bagi warga Jawa Timur.

"Semoga kita menjadi pribadi yang fitri dan juga juga bisa dipertemukan dengan Ramadan di tahun tahun berikutnya,” imbuhnya.

Santunan dilakukan secara serentak oleh garda Covid-19 sebagai apresiasi kepada garda Covid-19 dalam menanggulangi pandemi di Kabupaten Tuban. Sementara Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky menambahkan, penerima santunan merupakan anak yatim-piatu yang berasal dari seluruh desa di Kabupaten Tuban.

Mas Bupati mengatakan, bahwa pembangunan di Kabupaten Tuban mendapatkan respon yang baik dari berbagai lapisan seperti saat terjadi banjir di daerah Kecamatan Montong dan Kecamatan Kerek beberapa saat lalu. Di mana organisasi PSHT dengan inisiatif ikut membantu dalaam menangulangi banjir dengan ikut membantu memperbaiki tanggul. 

Dengan adanya hubungan yang baik ini, diharapkan bisa menjadi modal utama dalam memajukan Kabupaten Tuban. Bupati juga memberikan ucapan tetimakasih kepada Gubernur Khofifah atas perhatiannya kepada Kabupaten Tuban.

"Ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami agr terus memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat,” jelasnya.

Data yang dierima blokTuban.com, total penerimaan Zakat, Infaq, dan Shodaqoh (ZIS) yang dikumpulkan Baznas Tuban pada tahun 2021 mencapai 14,5 milyar rupiah. Sedangkan, pada Januari-Maret 2022 total penerimaan ZIS sebanyak 3,15 milyar rupiah. 

Baznas Tuban juga menyalurkan dana sebesar Rp13 milyar kepada 53.075 mustahik. Sedangkan pada Januari-Maret 2022 dana yang disalurkan mencapai Rp2,5 milyar kepada 4.518 orang mustahik dan 8 lembaga.

Penyaluran dana yang dikumpulkan Baznas Tuban diwujudkan dalam lima kategori, yaitu Tuban Peduli (Kemanusiaan), Tuban Taqwa (Dakwah dan Advokasi), Tuban Cerdas (Pendidikan), Tuban Berdaya (Ekonomi), dan Tuban Sehat (Kesehatan). [Nur/Ali]