06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |   13:00 . Ini Jadwal dan Lokasi Semarak Agustus di Lamongan, Mulai Agustus Sampai Oktober 2022   |   12:00 . Selasa 9 Agustus 2022: Dua Hari Daging Ayam dan Bawang Merah di Tuban Turun, Diikuti Cabai Biasa   |   11:00 . Jawara Kicau Nasional, Burung Murai ini Ditawar Rp100 Juta   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sensasi Bersepeda Malam di Bulan Ramadan, Kurang Konsentrasi Nyungsep di Ladang Jagung

bloktuban.com | Monday, 25 April 2022 15:00

Sensasi Bersepeda Malam di Bulan Ramadan, Kurang Konsentrasi Nyungsep di Ladang Jagung Komunitas sepeda Alfago Tuban fokus bersepeda trabas dan downhill. (Foto:Istimewa)

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Selama bulan Ramadan 1443 H banyak orang-orang yang mengisi waktu luang mereka dengan beberapa kegiatan yang unik dan menyenangkan. Salah satunya ialah komunitas sepeda Alfago Tuban yang fokus bersepeda trabas dan downhill.

Komunitas sepeda yang berdiri di tahun 2020 ini memiliki cara yang unik untuk tetap bersepeda walaupun di bulan puasa. Bagi meraka Ramadan bukanlah sebuah halangan dalam bersepeda, mereka tetap berolahraga meski saat malam hari biasanya dilakukan malam Minggu setelah sholat tarawih.

Menurut Juli Wibowo (49) salah satu anggota komunitas, mengatakan kenapa lebih memilih dalam bersepeda malam karena tidak panas dan ada sensasi tersendiri dalam bersepeda di malam hari. Keseruan yang terjadi adalah ketika dalam satu trip ada salah satu peserta tertinggal agak jauh pasti akan teriak-teriak.

"Kalau medannya turun berbatu dan tikungan perlu konsentrasi lebih, jika tidak kita tidak tahu jatuhnya kemana, bisa ke jurang atau nyungsep di ladang jagung. seperti teman kita karena tidak fokus ke depan, yang lain belok dia lurus akibatnya dia nyungsep,” terang Juli kepada blokTuban.com, Senin (25/4/2022).

Biasanya Juli akan memilih rute dari beberapa jalur yang biasa dilalui. Pertama adalah rute bogoran dan finish di Bukit Kancing, kedua rute Telogonongko finishnya di Al-Falah. 

Juli Wibowo dan teman-temannya melakukan sepedanya secara enduro dengan trek exstrim, serta turunan tajam dan juga jalur berbelok-belok. Untuk jarak tempuhnya kurang lebih 5 kilometer, akan tetapi medan yang dilalui merupakan medan ekstrim.

Untuk hari-hari selain bulan Ramadan, komunitas ini melakukan kegiatan bersepeda secara rutin pada Minggu pagi, dan akan menjadi seminggu dua kali jika akan ada event. 

Ia juga membagikan tips aman bersepeda malam dengan jalur exstrim yaitu lampu harus terang, padangan dan konsentrasi harus tetap terjaga karena yang terlihat hanya jalur setapak di depan. Serta bekal wajib yang harus dibawa yaitu minum, peralatan secukupnya, dan terutama ban dalam cadangan harus disiapkan. [Nur/Ali]

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, sepeda malam, sensasi, olahraga ekstrem, bulan Ramadan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat