22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Produsen Krupuk Rambak Dua Putra Singgahan, Keluhkan Naiknya Harga Bahan Pokok

bloktuban.com | Monday, 25 April 2022 14:00

Produsen Krupuk Rambak Dua Putra Singgahan, Keluhkan Naiknya Harga Bahan Pokok Proses pengeringan krupuk rambak Dua Putra di Kecamatan Singgahan. (Foto:Lin/blokTuban.com)

Reporter : S.Y. Lailatul Erlina N.R.

blokTuban.com - Krupuk menjadi camilan yang cocok dinikmati dalam keadaan apapun dan mudah didapat. Namun, saat ini harga bahan pangan sedang tidak baik-baik saja. 

Naiknya harga bahan pokok, menjadikan produsen krupuk mengalami penurunan omset penjualan. Dampak dari naiknya harga bahan pokok dialami oleh produsen krupuk Rambak Dua Putra milik Ahmad Zainul Afif (51) asal Dusun Kepanjen, Desa Lajokidul, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban.

Usaha kerupuk di Tuban selatan ini telah dirintisnya sejak tahun 2009 dan hingga saat ini sudah dikenal oleh kalangan umum. 

“Setiap harinya krupuk Dua Putra memproduksi dua ribu hingga lima ribu bungkus yang beratnya tiga sampai enam kwintal. Saat mendekati hari raya menghabiskan krupuk hingga satu ton karena menjadi distributor diberbagai daerah” terang Afif kepada blokTuban.com, Senin (25/04/2022)

Merebaknya pemasaran krupuk Dua Putra, diakui Afif sudah meluas diberbagai daerah di Kabupaten Tuban dan Bojonegoro. Bahkan melayani pesanan hingga daerah Jakarta dengan jumlah yang lumayan. Ia juga mendapatkan penghargaan best one di tingkat kecamatan dan disorot perhatian oleh pemerintah daerah krupuk Dua Putra didaftarkan logo halal kepada MUI secara gratis oleh bank BRI. 

Banyaknya permintaan konsumen krupuk Dua Putra, membuat Afif memiliki tujuh karyawan dan dibantu oleh beberapa keluarganya.

“Saya ingin mengembangkan usaha krupuk Dua Putra menjadi lebih besar lagi, agar bisa menciptakan lowongan pekerjaan untuk orang lain,” imbuhnya.

Harga jual krupuk dua putra perkilonya Rp45.000 untuk yang sudah digoreng, dan Rp25.000 untuk krupuk yang masih mentahan. Untuk kemasan berbungkus kecil dijual delapan ratus rupiah. 

Afif mengaku, omset yang didapat mencapai 30 juta setiap bulannya. Sejak melonjaknya harga bahan, omset yang didapat turun hingga 50% dari omset sebelumnya menjadi 15 juta.

Dalam pembuatan kerupuk, Afif biasa menggunakan bahan seperti tepung tapioka, tepung terigu, bawang putih, garam, dan minyak goreng dan semua mengalami kenaikan harga. Kendati demikian, krupuk Dua Putra tetap dijual dengan harga dan kualitas rasa yang sama. 

Bahkan sebelumnya krupuk mentah lebih dinikmati berbeda dengan saat ini. Selama ini, para konsumennya lebih memilih krupuk yang sudah digoreng karena pengaruh mahalnya harga minyak goreng. Naiknya harga bahan dan pesanan krupuk yang mencapai ribuan perharinya, menyebabkan omset yang didapatkan tidak seimbang dari usaha yang dikeluarkan.  

"Namun, usaha krupuk Dua Putra tetap berjalan dan menerima pesanan seperti biasa," tutupnya. [Lina/Ali]

 

Tag : Tuban, Kabupaten Tuban, Krupuk rambak, dua putra, krupuk Singgahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat