23:00 . 8 Khasiat Air Kelapa Wulung Muda Tuban yang Harganya Lebih Mahal dari Kelapa Ijo   |   22:00 . Polisi Tandai 2 Lokasi Balap Liar di Tuban, Patroli Spontan akan Digalakkan   |   21:00 . Bappeda Tuban Prediksi Reaktitasi Jalur Kereta Api Lebih Dulu Dibanding Tol Demak-Tuban   |   20:30 . Posko Penyekatan Hewan Ternak di Perbatasan Tuban-Rembang   |   20:00 . 60 Calon Pengantin di Tuban Dibekali 8 Materi, agar Terhindar Perceraian hingga KDRT   |   19:30 . Ada Posko Sekat PMK Mulai 5-15 Juli 2022, Tuban Tak Terima Ternak dan Daging dari Luar Jatim   |   19:00 . 6 Destinasi Wisata Air Terjun di Tuban Ini Dijamin Menyegarkan Mata Anda!   |   18:00 . Balap Liar di Tuban Bikin Resah Pengguna Jalan, dari JT Bawah Bergeser ke Tikungan Tundung Musuh   |   17:00 . Alamat Kantor Inspektorat Tuban dan Maklumat Pelayanan 2022   |   16:00 . Netizen Komplain Salah Sasaran ETLE Mau Laporan di Samsat Rumit! Polres Tuban: Mudah, Tidak Sampai 1 Hari   |   15:00 . Lirik Lagu dan Chord Gitar Noah (Peterpan) - 'Di Atas Normal'   |   14:00 . Terima Dua Manfaat, Ini yang Dapat Calon Pegantin Tuban   |   13:00 . Lowongan Kerja S1 untuk 10 Posisi di Wings Group Surabaya   |   12:00 . Ranggalawe Mangkat | Teater Komunitas Warna Tuban   |   11:00 . 6.608 Penduduk Tuban Usia Kerja Menganggur, DPRD: Apa yang Dilakukan Pemkab?   |  
Wed, 06 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Berawal dari Pelatihan PKH, Kueku by Mona jadi Usaha Berkembang di Tengah Ramadan

bloktuban.com | Sunday, 17 April 2022 08:00

Berawal dari Pelatihan PKH, Kueku by Mona jadi Usaha Berkembang di Tengah Ramadan Usaha kue kering cukup menjanjikan di bulan Ramadan. (Foto:Lina/blokTuban.com)

Reporter : S.Y. Lailatul Erlina NR.

blokTuban.com - Di tengah bulan Ramadan 1443 H tak lengkap rasanya bagi para ibu rumah tangga jika tidak menyiapkan kue kering sebagai suguhan di meja nanti ketika lebaran. Tak heran, bila para produsen kue kering memiliki pesanan yang meningkat setiap harinya.

Para pedagang kue kering mulai mengkreasikan keahliannya masing-masing agar menarik perhatian pembeli. Salah satunya adalah Kueku by Mona yang ada di Desa Lajukidul RT 09/ RW 05, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. 

Kue tersebut mulai rame orderan dari awal Ramadan, karena kwalitasnya yang menengah ke atas namun harganya tetap sama dengan kue kering lainnya yang dijual di pasaran.

Berawal dari pelatihan membuat kue kering oleh pendamping PKH yang diikuti oleh Kasmonah (41) kemudian sering dipraktekannya. 

“Awalnya dari program PKH kemudian ilmu yang saya dapat langsung saya praktekan sendiri di rumah. Intinya terus mencoba jika hasilnya kurang pas saya lihat di youtube kurangnya apa sampai bisa. Baru setelah itu mulai saya berani jual,” ucap Kasmonah (41) kepada blokTuban.com, Minggu (17/4/2022).

Kueku by Mona memiliki beberapa varian, yaitu kue kacang, kue mawar, kue sagu, nastar, putri salju, krikis, kemplang, stik, dan pastel. Ia bersyukur usahanya ramai pesanan, dan setiap harinya menghabiskan sekitar delapan kilo adonan. 

Untuk produksinya dimulai dari sehabis shubuh sampai waktu dhuhur. Ia mampu menyelesaikan dua varian kue kering, setelah itu dilanjut lagi sampai setelah waktu ashar menyelesaikan satu varian. Terakhir setelah tarawih, dirinya menyelesaikan satu varian lagi.  

“Proses pembuatan kue kering itu saya sendiri, karena kurang srek kalo dilakukan orang lain. Ada satu orang yang membantu hanya saya suruh bagian bersih-bersih dan menyiapkan apa yang saya butuhkan,” ucap Kasmonah.

Untuk pemasarannya, sejauh ini kueku by Mona menyetorkan ke beberapa permintaan toko yang ada di kecamatan Singgahan. Sebagai distributor, hanya melayani berapa permintaan pesanan karena harganya yang standar justru banyak resseler yang menjual kueku by Mona secara online. [Lina/Ali]

Tag : Kue kering, usaha Laju Kidul, PKH, Bisnis Ramadan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 04 July 2022 19:00

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar

    Tantangan Guru di Era Kurikulum Merdeka Belajar Merdeka belajar merupakan suatu program kebijakan baru yang diputuskan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. beliau mengatakan bahwa program merdeka belajar menjadi suatu terobosan untuk...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat