Berawal dari Pelatihan PKH, Kueku by Mona jadi Usaha Berkembang di Tengah Ramadan

Reporter : S.Y. Lailatul Erlina NR.

blokTuban.com - Di tengah bulan Ramadan 1443 H tak lengkap rasanya bagi para ibu rumah tangga jika tidak menyiapkan kue kering sebagai suguhan di meja nanti ketika lebaran. Tak heran, bila para produsen kue kering memiliki pesanan yang meningkat setiap harinya.

Para pedagang kue kering mulai mengkreasikan keahliannya masing-masing agar menarik perhatian pembeli. Salah satunya adalah Kueku by Mona yang ada di Desa Lajukidul RT 09/ RW 05, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban. 

Kue tersebut mulai rame orderan dari awal Ramadan, karena kwalitasnya yang menengah ke atas namun harganya tetap sama dengan kue kering lainnya yang dijual di pasaran.

Berawal dari pelatihan membuat kue kering oleh pendamping PKH yang diikuti oleh Kasmonah (41) kemudian sering dipraktekannya. 

“Awalnya dari program PKH kemudian ilmu yang saya dapat langsung saya praktekan sendiri di rumah. Intinya terus mencoba jika hasilnya kurang pas saya lihat di youtube kurangnya apa sampai bisa. Baru setelah itu mulai saya berani jual,” ucap Kasmonah (41) kepada blokTuban.com, Minggu (17/4/2022).

Kueku by Mona memiliki beberapa varian, yaitu kue kacang, kue mawar, kue sagu, nastar, putri salju, krikis, kemplang, stik, dan pastel. Ia bersyukur usahanya ramai pesanan, dan setiap harinya menghabiskan sekitar delapan kilo adonan. 

Untuk produksinya dimulai dari sehabis shubuh sampai waktu dhuhur. Ia mampu menyelesaikan dua varian kue kering, setelah itu dilanjut lagi sampai setelah waktu ashar menyelesaikan satu varian. Terakhir setelah tarawih, dirinya menyelesaikan satu varian lagi.  

“Proses pembuatan kue kering itu saya sendiri, karena kurang srek kalo dilakukan orang lain. Ada satu orang yang membantu hanya saya suruh bagian bersih-bersih dan menyiapkan apa yang saya butuhkan,” ucap Kasmonah.

Untuk pemasarannya, sejauh ini kueku by Mona menyetorkan ke beberapa permintaan toko yang ada di kecamatan Singgahan. Sebagai distributor, hanya melayani berapa permintaan pesanan karena harganya yang standar justru banyak resseler yang menjual kueku by Mona secara online. [Lina/Ali]