Makam Panjang Mbah Caruban di Sumberagung dan Rutinitas Sembelih Kambing

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Tuban sebagai Bumi Wali bukanlah julukan belaka. Di Tuban sendiri hampir setiap kecamatan bahkan desa memiliki walinya sendiri dengan karomahnya masing-masing. 

Jelas hal tersebut sangt relevan dengan julukan yang disematkan yaitu Tuban Bumi Wali. Di Dusun Morosemo, Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Tuban terdapat makam wali yang lokasinya berdekatan dengan Masjid Morosemo.

Masyarakat setempat menyebutnya makam Mbah Caruban. Sosok tersebut berdasarkan informasi dari warga, bukanlah orang asli Tuban melainkan berasal dari daerah Caruban Madiun yang berkelana untuk syiar agama Islam. 

Sesampainya di daerah Tuban (Morosemo) Mbah Caruban membabat alas (hutan) untuk menjadi lokasi huni. Sejarah detailnya Mbah Caruban sendiri belum diketahui oleh perangkat desa setempat, dan masih berupa potongan cerita dari mulut ke mulut. 

“Biasanya banyak yang berdoa di makam Mbah Caruban dan jika hajadnya terkabul biasanya ada yang menyembelih kambing di sana” ucap Adi Saputro (35) Sekretaris Desa Sumberagung kepada blokTuban.com, Sabtu (16/4/2022).

Pria asli Dusun Morosemo itu menambahkan, tak sedikit bagi peziarah yang terkabul hajatnya ketika datang ke makam tersebut. Salah satu keunikan makam Mbah caruban yaitu ukurannya lebih panjang dari makam pada umumnya. 

Selain itu, upaya merawat situs makam tersebut warga mengadakan haul makam dengan acara tahlil bersama buat sesepuh desa dan juga para ahli kubur warga Morosemo dan juga pengajian. Haul tersebut dilakukan bersamaan dengan sedekah bumi masyarakat setempat. [Nur/Ali]