15:00 . Warga Tuban Serbu Pasar Murah Berhadiah Gula Pasir   |   14:00 . 20 BUMDesa Tuban Pamer Produk di Event Besti, Pedagang Kebanjiran Berkah   |   13:00 . Peringatan 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Khofifah Harapkan Keberkahan   |   12:00 . Kantor Kejari Tuban Dipenuhi Karangan Bunga, Dukung Pelaporan Alvin Liem   |   11:00 . Fashion Show Gadis Pesisir Tuban 2022 Sukses Digelar di Pantai Semilir Socorejo   |   10:00 . Festival Batik Pantai Semilir 2022 || Pantai SEMILIR   |   09:00 . Empat Film Bioskop NSC Tuban di Akhir Pekan, Pilih yang Mana!   |   08:00 . Prediksi Cuaca Tuban 24 September 2022: Sore Hari Hujan Ringan dan Berawan Tebal   |   07:00 . BPS Laporkan Penurunan Kunjungan Wisata Mancanegara di Jatim   |   06:00 . KONI Jatim Libatkan Hope Physioteraphy di Puslatda Jelang PON XX 2024   |   05:00 . Hadiri 50 Tahun IKA UNAIR di Tuban, Gubernur Khofifah Dijadwalkan Gowes hingga Tanam Mangrove   |   23:00 . Desa Jlodro Tuban Mencekam, Berawal dari Sakit Hati Kakek Bacok Tetangganya hingga Tewas   |   22:00 . Pengurus IKAMI ATTANWIR Tuban Dilantik, Ketum : Kita Harus Kompak dan Semangat   |   21:00 . Diduga Cemarkan Intitusi Kejaksaan di Youtube, Persaja Tuban Laporkan Alvin Liem ke Polisi   |   20:00 . Jadi Souvenir G20, Menparekraf RI Puji Produk Teh Herbal Binaan Pertamina   |  
Sun, 25 September 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tujuh Keunggulan Desa Tasikharjo Tuban di Enam Besar Lomba Desa 2022

bloktuban.com | Thursday, 31 March 2022 08:00

Tujuh Keunggulan Desa Tasikharjo Tuban di Enam Besar Lomba Desa 2022 Tim penilai Lomba Desa 2022 meninjau salah satu produk unggulan Desa Tasikharjo. (Foto:Ist)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban ternyata memiliki tujuh keunggulan sebagai daya tarik wisatawan. Potensi tersebut yang mengantarkan desa di kawasan Tanjung Awar-awar Tuban itu masuk di enam besar lomba desa 2022, Kamis (31/3/2022). 

Keunggulan yang membuat siapapun kepincut dan betah berlama-lama di desa itu, diungkapkan oleh tim penilai lomba desa Kabupaten Tuban, Eryan Dewi Fatmawati saat meninjau langsung ke lokasi. 

Sebagai desa di kawasan pengembangan industri, Tasikharjo telah membangun komunikasi yang baik dengan berbagai perusahaan sekitar. Seperti PT TPPI Tuban, PT TBBM Pertamina Tuban, PT Risma, GRR Pertamina Rosneft, Terminal LPG Tuban. 

"Di sini juga ada produk unggulan yang merupakan kolaborasi dengan CSR perusahaan sekitar. Program CSR itu kemudian menjadi produk unggulan desa yakni, melon, jeruk lemon, batik, pupuk organik, Pamsimas, wisatanya Pantai Panduri, dan wisata religi Syeh Subakir," ujar Eryan. 

Program lain di Desa Tasikharjo, lanjut Eryan yaitu pengembangan wisata Sunset. Selain itu, sinergi dengan berbagai pihak ada juga program donasi untuk keluarga miskin. 

"Silahkan dinilai sendiri untuk para juri, sekedar riview yang disampaikan Kades kemarin. Secara potensi banyak dan lokasi sangat strategis," imbuh Eryan. 

Sementara itu, Kades Tasikharjo, Damuri saat pemaparan di pemkab Tuban menegaskan bahwa inovasi di desanya tidak kaleng-kaleng. Program tersebut real di lapangan dengan bekerja sama dengan stakeholder mengolah untuk menjadi pemberdayaan masyarakat.

"Kami terus menciptakan inovasi-inovasi baru agar Desa Tasikharjo bisa lebih Bersinar, bersih, indah, nyaman, dan religius," sambung Kades Damuri. 

Kampung yang sudah dikenal sebagai Desa Tasikharjo Bersih, Indah, Nyaman, dan Religius (Bersinar) kini sudah masuk kebabak enam besar dan tinggal selangkah lagi akan menuju puncak harapan.

Damuri juga memamerkan produk unggulan yang dimiliki Desa Tasikharjo di depan tamu undangan seperti batik yang merupakan sinergitas antaraPKK dengan PT TBBM Tuban Pertamina.

Begitupula, jeruk lemon seluas satu hektar dan itu diperas menjadi inovasi unggulan desa yang merupakan kerjasama dengan PT. TPPI Tuban. 

"Dan masih banyak lagi produk-produk asli dan itu tidak beli dari luar desa, jadi nanti bisa langsung dibuktikan," lanjutnya.

Di depan tim penilai lomba desa, Damuri mewakili pemerintah desa bersama masyarakat Desa Tasikharjo menyatakan diri siap menjadi duta Kabupaten Tuban untuk melangkah ke Provinsi.

"Semoga desa Tasikharjo bisa terus Bersinar, sesuai cita-cita besar dan luhur dari mas Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, yaitu Bangun Deso Noto Kutho," pungkasnya. [Ali]

Tag : Desa unggulan Tuban, Desa Tasikharjo, Kades Tasikharjo Damuri, wisata desa, produk unggulan, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 20 September 2022 05:00

    Opini

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ?

    Menata (Serius) Kompetisi Olahraga ? Ada celetukan yang sering muncul di antara teman-teman pelatih olahraga begini, latihan terus menerus tanpa bertanding itu sama artinya dengan merasa hebat tapi tidak teruji dan terbukti. Latihan terus tanpa...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat