Satu Ton Benih Tanaman akan Disebar Perhutani di Tepian Sungai Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Administrator Perhutani KPH Tuban, Miswanto berencana menebar satu ton benih tanaman berakar keras di tepian sungai di Kabupaten Tuban. Upaya tersebut untuk menekan potensi longsor lahan di sekitar sungai saat musim hujan tiba. 

Perhutani KPH Tuban juga menargetkan melakukan penghijauan sebanyak 1,7 bibit dengan luas lahan mencapai 1.140 hektar. Berseiring dengan kegiatan tersebut, juga dijalankan program pembenihan di seluruh BKPH berbagai jenis tanaman, diantaranya kayu putih, jati, mahoni, buah-buahan.

"Kami siap bekerja sama dengan Pemkab Tuban memberi pemahaman arti penting lingkungan bagi keberlangsungan hidup manusia,” terang Miswanto dalam peringatan Hari Air Sedunia yang digelar secara daring oleh Kementerian PUPR RI, Rabu (30/03/2022) di Puncak Banyulangse desa Jadi, Semanding. 

Miswanto juga berpesan, agar masyarakat mengambil peranan dalam upaya menjaga ekosistem dan air. Edukasi menjadi langkah penyadaran masyarakat akan terus dilakukan secara berkelanjutan. 

“Semakin banyak orang yang maka kepedulian terhadap lingkungan akan meningkat,” tuturnya.

Sedangkan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Tuban, Endro Budi Sulistyo menjelaskan, penanaman pohon sebagai upaya merawat lingkungan dan mempertahankan sumber air tanah. Ketersedian air menjadi kebutuhan utama dan sumber kehidupan setiap manusia. 

Selaras dengan hal tersebut, Pemkab Tuban mendorong pemerintah kecamatan dan desa agar mengedukasi warga agar meningkatkan kepekaan lingkungan termasuk melestarikan ekosistem dan air. 

“Menjaga alam menjadi tanggung jawab semua masyarakat demi masa depan,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, penanaman pohon tersebut diikuti sejumlah pegawai Dinas PUPRPRKP Tuban, Perhutani, Polisi Hutan, pegiat lingkungan, dan 300 siswa jenjang SD-SLTA setempat. [Ali]