Tidak Sulit, Begini Tips Merawat Kucing yang Baik dan Benar di Rumah

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling digemari oleh masyarakat, selain bentuknya yang menggemaskan, kucing juga bisa menjadi teman bersantai di rumah, itulah sebabnya banyak masyarakat yang menyukai hewan satu ini.

Meskipun banyak peminatnya, namun memelihara kucing tidak semudah yang dibayangkan. Arbaun, salah satu pemuda asal Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban yang memiliki bisnis jual beli kucing mengatakan dalam merawat kucing diperlukan metode susah-susah gampang. 

Untuk merawat kucing miliknya, biasanya Arbaun mengaku jika melakukan perawatan kucing seperti pada umumnya.

“Cara merawatnya, ya seperti biasa membersihkan kandang, buang kotorannya, sama ngasih makan saja,” ungkapnya kepada blokTuban.com, Selasa (29/3/2022). 

Pemberian makan untuk kucing, lanjut pria yang akrab disapa Baun jika kebanyakan dilakukan dua kali dalam sehari sesuai dengan takarannya. Untuk merk makanan yang diberikan untuk kucing, dikatakannya tergantung dari jenis kucing dan kantong dari pemiliknya. 

“Kalau pakan yang diberikan beda, nggak papa yang penting kucingnya tidak mencret, karena kalau tidak cocok pakannya biasanya mencret,” tuturnya. 

Selain memberi makan, perawatan lain yang dilakukan ialah memandikan kucing secara teratur. Dalam hal ini, Baun mengatakan jika pemandian kucing dilakukan sesuai dengan pemilik bisa satu minggu sekali, dua minggu atau bahkan satu bulan sekali. 

Untuk memandikan kucing sendiri, perlu menggunakan shampo khusus dan disarankan untuk menghindarkan sabun atau air di dekat mata dan telinga kucing. 

“Waktu grooming beda lagi tergantung orangnya, ada yang satu minggu sekali, dua minggu sekali, satu bulan sekali juga ada,” katanya. 

Tidak hanya sampai disitu saja, memotong kuku kucing dengan menggunakan gunting yang tajam secara teratur juga perlu dilakukan oleh sang pemilik agar tidak terlalu panjang dan tajam. 

Lebih lanjut, pria ramah ini juga biasa membreeding kucing-kucingnya sendiri, sehingga proses perkawianan hingga melahirkan kucing pada umumnya memiliki estimasi waktu 60 sampai 65 hari ke atas. 

Apabila kucing tersebut belum melahirkan dalam kurun waktu tersebut, maka kucing harus segera dibawa ke dokter hewan untuk dilakukan penanganan secara cessar. Oleh karena itu, membawa kucing ke dokter hewan secara teratur kiranya juga perlu dilakukan, agar bisa mengetahui penyakit-penyakit yang diderita oleh hewan kesayangan kalian. [Sav/Ali]