11:00 . Langkah Membuat Instafest Spotify, Nikmati Festival Musik di Handphone   |   10:00 . Petugas BNNK Tuban Kembali Razia Gang Sadar, Pelaku Larikan Diri Tinggalkan 18 Butir Carnophen   |   09:00 . Harga Emas Anam 30 November 2022 Naik di Level Rp981.000 Per Gram, Semua Stok Available   |   08:00 . 3 Hal Penting Urusan Hutang-Piutang dalam Islam   |   19:00 . Hujan Deras Akibatkan Longsor di Banyuurip Tuban   |   18:00 . Lirik Lagu Dreamers - Jungkook (BTS) Feat Fahad Al Kubaisi OST Piala Dunia 2022 dan Terjemah   |   17:00 . Warga Tuban Dikagetkan Seekor Ular Piton di Depan Rumahnya   |   16:00 . Cabor Kick Boxing Tuban Sabet 16 Medali di Usia yang masih muda   |   15:00 . Jelang Nataru, TPID Tuban Lakukan Pengawasan Kenaikan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban   |   14:00 . Meriahkan Hari Jadi Tuban Ke-729, Puluhan Tukang Becak Ikuti Lomba Ketangkasan   |   13:00 . Hobi Diecast yang Menghasilkan Cuan, Pemuda Asal Tuban Buka Jasa Modifikasi Mobil Miniatur   |   12:00 . UMK Tuban Dipastikan Naik Tahun Depan   |   11:00 . 10 Organisasi Profesi di Tuban Tolak Ruu Kesehatan, Ini Bunyi Tuntutannya   |   10:00 . PLN Adakan Peningkatan Keandalan Listrik pada 2 Kecamatan di Tuban 1 Desember 2022 Mendatang   |   09:00 . Trend Harga Emas Antam Turun, Hari ini 29 November 2022 Dibandrol Rp977.000 Per Gram   |  
Wed, 30 November 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Perangkap Jaring Hentikan Dua Ular Sowo Kembang Berkeliaran Mangsa Ternak Warga Latsari

bloktuban.com | Monday, 28 March 2022 10:00

Perangkap Jaring Hentikan Dua Ular Sowo Kembang Berkeliaran Mangsa Ternak Warga Latsari Petugas Damkar Tuban evakuasi dua ular Sowo kembang yang resahkan warga Latsari. (Foto:Ali/blokTuban.com)

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Warga RT3 RW4 Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban agak lega, karena dua ekor luar Sowo Kembang yang selama ini berkeliaran memangsa hewan ternak ayam tertangkap. 

Ular dengan panjang masing-masing empat dan lima meter itu, terlilit jaring jebakan yang di pasang di area kebun milik warga. 

Warga yang pertama kali menangkap ular tersebut adalah Suratno (62). Pria asli Latsari itu mengaku kehilangan empat ekor ayam selama bulan Maret 2022. 

Awalnya ia tidak begitu curiga, kalau ayam ternaknya dimangsa reptil liar tersebut. Setelah ada ular Sowo Kembang terperangkap jaring, Ratno baru menyadari bahwa reptil itulah yang menghabisi ayamnya. 

"Ular Sowo kembang pertama terperangkap jaring 16 Maret dan kedua 27 Maret sekitar pukul 15.30 Wb. Kedua reptil tak berkutik setelah sebagian tubuhnya terlilit jaring," ujar Ratno kepada blokTuban.com di sekitar pekarangannya, Senin (28/3/2022). 

Sebelumnya, Ratno bercerita warga Latsari kerap menangkap ular Sowo kembang dengan ukuran yang lebih kecil. Reptil tersebut biasanya langsung dimasak untuk lauk. 

Berbeda dengan dua ular yang baru ditangkap dalam 10 hari terakhir, warga tak berani memasaknya sehingga disepakati untuk diserahkan ke petugas Damkar Tuban. 

"Perkiraan di belakang pemukiman warga yang dipenuhi semak-semak masih ada ularnya. Kami berencana akan menambah jebakan lagi untuk menyelamatkan hewan ternak ayam," katanya. 

Disambung oleh, Nikmah Murniatun (25) warga lainnya bahwa, kakaknya juga sempat digigit ular Sowo yang ukurannya lebih kecil. Mesipun ular tidak berbisa, namun warga tetap waspada. 

Nikmah menambahkan, di dekat lapangan voli ada sebuah sumur tua yang diduga di dalamnya ada ular dengan ukuran yang lebih besar. Dugaan tersebut semakin kuat, karena di sekitar sumur masih tercium bau anyir atau lengur. 

"Warga sini memeprcayai ular itu pasti keluar setiap Jumat Wage. Di hari-hari biasa tidak nampak," bebernya. 

Kedua reptil kemudian dibawa oleh petugas Damkar Tuban sekitar pukul 10.30 Wib. Petugas sempat kuwalahan karena ular tersebut melakukan perlawanan. [Ali]

Tag : perangkap ular, ular sowo kembang, makan ternak Tuban, Damkar Tuban, berita Tuban, info Tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 06 November 2022 11:00

    Blok Cerpen

    Takdir

    Takdir Entah apa saja yang sudah kulewati di tahun 2020, aku hanya ingin menuliskan sebuah pintu harapan....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat