Setelah Aksi Sosial, PSHT Kerek Bagikan Ratusan Sembako Untuk Korban Banjir

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Persaudaraan Setia Hati Terate (SH Terate) Ranting Kerek, membagikan ratusan paket sembako untuk korban banjir bandang di Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Bantuan sosial ini berasal dari hasil swadaya anggota SH Terate. Tidak kurang dari 200 bingkisan dibagikan kepada warga yang ada di Desa Temayang, Desa Margomulyo, Desa Padasan dan Desa Jarorejo. Desa-desa ini, diketahui sempat dilanda banjir bandang pada Kamis (10/3/2022) lalu.

"Kita memberikan bantuan sekedarnya pada masyarakat yang terkena dampak banjir. Sehingga pada hari ini memberikan 200 bingkisan pada masyarakat terdampak yang tersebar di 4 desa. Yaitu, Desa Temayang, Desa Margomulyo, Desa Padasan dan Desa Jarorejo," jelas Ketua SH Terate Ranting Kerek, Sunarto, Selasa (22/3/2022).

Sebelum memberikan bingkisan, para pesilat ini sudah melakukan bakti sosial di wilayah setempat satu hari sejak banjir bandang melanda. Bersama masyarakat setempat, pendekar SH Terate dari Kerek ini melalukan perbaikan tanggul, membersihkan lingkungan dari material bekas banjir yang juga melanda gedung sekolah sampai masjid, sampai membantu pembersihan dan perbaikan ringan rumah warga yang terkena dampak banjir.

Sunarto mengatakan, SH Terate menerapkan salah satu ajarannya, yakni Memayu Hayuning Bawono. Salah satu bentuknya adalah harus peduli terhadap sesama. Dia berterima kasih kepada para warga, siswa, dan juga personil Pengamanan Terate (Pamter) dari ranting Kerek atau Cabang Tuban yang secara total membantu korban banjir.

"Kami berharap bencana banjir bandang berhenti sampai disini. Masyarakat juga harus peduli terhadap lingkungan sehingga kedepannya banjir bandang tidak akan terjadi lagi," harapnya.

Saat menjalankan aksi sosialnya, SH Terate bersinergi dengan masyarakat dan aparatur pemerintah.

“Terima kasih kepada semuanya, semoga kiprah kita memberikan manfaat bagi kita maupun masyarakat. Yang jelas mari kita jaga lingkungan kita dari segala bentuk kerusakan,” katanya. [al]