Jalur Widang Tuban Ditutup, Ini Rekayasa Lalu Lintas Kendaraan dari Semarang-Surabaya

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Semua kendaraan dari arah Semarang yang menuju Surabaya akan dialihkan ke Jalur Pantai Utara (Pantura) atau Daendles mulai pukul 19.00 Wib sampai selesai. Sebab, jalur Tuban tepatnya di Kecamatan Widang ditutup karena ada kegiatan di Ponpes Langitan, Selasa (22/3/2022).

Kasatlantas Polres Tuban, AKP Arum Inambala menghimbau pengguna jalan untuk mengupdate informasi rekayasa lalu lintas di Tuban supaya tidak terjebak macet. Semua kendaraan besar tidak dapat melintasi jalan ring road Tuban, karena Terminal Baru Tuban akan ditutup total. 

"Jadi, kami lewatkan jalur Pantura lurus terus. Nanti ketemunya di utara Jalan Dandeles, tidak bisa melintasi Jalan Manunggal karena diterapkan buka tutup," kata Arum kepada reporter blokTuban.com di Alun-alun Tuban. 

Arum mengutamakan, bahwa Jalan Manunggal Selatan tidak dilewati kendaraan besar dari Semarang maupun Surabaya. Sedangkan kendaraan setelah keluar dari Daendels, langsung keluar ke arah Lamongan. 

"Rekayasa ini kami terapkan supaya kendaraan besar tidak ketemu di Widang. Sekaligus mengurangi beban lalu lintas di Widang," jelasnya. 

Sebaliknya, untuk kendaraan dari Surabaya ataupun Gresik yang hendak ke Semarang dan melewati Tuban sementara disilahkan. Kendati demikian, ketika sudah ada penumpukan di Widang maka kendaraan kecil akan dialihkan Mirah ke kanan. 

"Kalau sudah berat sekali, maka Satlantas akan koordinasi dengan Polres Gresik untuk mengarahkan kendaraan lewat utara. Supaya tidak masuk jalur umum dan ketemu di Widang," katanya. 

Sesuai rencana, apel anggota telah berlangsung pukul 16.00 Wib dan untuk acara di Widang sekitar pukul 19.00 Wib. Adapun jumlah personil yang diterjunkan untuk pencairan lalu lintas kurang lebih 150 anggota. 

Di Widang juga akan dipasang tali tampar, supaya pengguna jalan tidak menyeberang seenaknya. Ada dua jalur keluar, dan sisanya pejalan kaki semuanya dialihkan melewati jembatan. [Ali]