Ini Lima Jenis Bibit Tanaman yang Dibagikan Perhutani KPH Tuban untuk Warga

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Hari Jadi Perhutani ke-61 tahun, masyarakat di Kabupaten Tuban memperoleh bibit gratis dari Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tuban. Kurang lebih 700 bibit dengan lima jenis tanaman dibagikan di Alun-alun Tuban. 

Lima jenis bibit tanaman yang diberikan yaitu, 300 Plc Bibit Kayu Putih, 100 Plc Bibit Jati, 100 Plc Bibit Buah Nangka, 100 Plc Bibit Buah Sukun, dan 100 Plc Bibit Buah Sirsak. 

"Hari Jadi Perhutani setiap tahun diperingati bulan Maret. Tahun ini kami bagikan ratusan bibit untuk warga Tuban," ujar Administratur/KKPH Tuban, Miswanto kepada reporter blokTuban.com, Senin (21/3/2022). 

Miswanto mengucapkan terima kasih kepada karyawan-karyawati yang sudah hadir dan turut serta acara bagi-bagi bibit untuk menyambut HUT-61 Perhutani bertemakan "Menuju Perhutani Baru, Dengan Semangat Menjadi Pengelola Hutan Yang Bermanfaat Bagi masyarakat".

"Harapan saya, bibit yang telah dibagikan bisa ditanam dan dirawat masyarakat dan bisa bermanfaat kepada seluruh masyarakat yang telah menerimanya," imbuhnya. 

Salah satu penerima bibit, Sukono menyampaikan terima kasih kepada Perhutani KPH Tuban yang telah berbagi bibit kayu putih dan bibit buah-buahan kepada masyarakat.

"Saya doakan semoga di Hari Jadi Perhutani ini ke depan bisa menjadi salah satu perusahaan terkemuka dan semakin jaya untuk bisa terus menghijaukan dan melestarikan hutan Tuban," harapnya.

Sesuai data dari Perhutani KPH Tuban, saat ini di Kabupaten Tuban terdapat sedikitnya 1.400 hektare lahan kritis. Lahan tersebut sudah lama gundul dan tanpa penghijauan. Jika tidak segera ditangani bisa menimpulkan dampak buruk bagi lingkungan dan warga.

"Lahan seluas 1.200 hektar akan kita tanami kembali dengan 2,7  juta pohon berbagai jenis,”  ungkap Miswanto lagi. 

Kerjasama antara Perhutani dengan Pemkab Tuban akan terus berjalan dalam rangka penyelamatan hutan dan lahan kritis milik perhutani. Sudah menjadi tugas Perhutani untuk menghijaukan wilayah hutan. Untuk itu, dukungan pemerintah daerah sangat dibutuhkan. [Ali]