Jangan Sampai Salah, Berikut Tiga Niat Membaca Surah Yasin Pada Malam Nifsu Sya’ban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Nisfu Sya’ban merupakan salah satu bulan mulia yang ada di kalender Islam. Tak heran jika banyak umat muslim yang memperingati hal itu, terlebih pada malam Nisfu Sya’ban yang ke-15.

Hal tersebut lantaran pada malam itu dipercaya jika buku amalan manusia selama satu tahun ditutup, sehingga masyarakat menginginkan jika buku amalan tersebut ditutup dengan amalan baik. Selain itu, malam nisfu sya’ban juga dipercaya sebagai malam diampuninya dosa-dosa setiap mukmin. 

Oleh karena itu, di malam nisfu sya’ban biasanya masyarakat selalu menghabiskan waktu dengan amalan-amalan yang disunnahkan, salah satunya membaca surah yasin sebanyak tiga kali dengan niat yang berbeda.

“Nisfu Sya’ban itu Allah memberikan siapa saja yang mau berdoa dan membaca yasin 3 kali. minta tetap imannya, tetap islamnya, panjang umurnya. Sebab nisfu sya’ban itu malam yang penuh barokah,” ungkap Widji Mustofa, Kiai dan sesepuh Desa Patihan, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban kepada reporter blokTuban.com, Kamis (17/3/2022). 

Maka dalam hal itu, niat membaca yasin yang pertama yaitu dibaca untuk memohon panjang umur, ketaatan dan ketakawaan serta tetap istiqomah kepada Allah SWT

Selain itu, dilanjutkan dengan pembacaan surah yasin yang kedua, dengan maksud diniatkan untuk memohon diluaskan rezeki yang halal dan menolak balak.

Untuk yasin yang ketiga diniatkan untuk memohon ditetapkannya iman dan Islam hingga akhir hayat. Setelah membaca yasin, amalan lain yang dianjurkan yaitu membaca dzikir. Seperti Sholawat Nabi, Istighfar, Tahmid dan juga Takbir. 

“Pembacaan itu dilakukan setelah sholat maghrib setelah selesai dilanjut sama kupatan,” ungkap pria ramah itu. [Sav/Ali]