BTS Tteokppokki, Korean Original Street Food Milik Orang Asli Korea

Reporter : Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com - Budaya Korea yang semakin menjamur di Indonesia, turut serta menjadikan kuliner-kuliner Korea naik daun. Seperti halnya di Kabupaten Tuban, sejak satu tahun belakangan kuliner atau jajanan street food khas korea sangat mudah dijumpai.

Salah satu kedai jajanan korea yang ada di Kabupaten Tuban adalah Best Tteokppoki Spesial (BTS) yang terletak di Jalan Basuki Rahmad, tepatnya di seberang KFC. Berbeda dengan kedai lainnya, pemilik dari BTS tteokppoki ini merupak orang Korea asli, yakni Jeong Yong Eup.

Pria yang kerap disapa Oppa oleh para pembeli yang datang ke kedainya tersebut mengaku baru membuka kedainya sekitar tiga bulan yang lalu. Meskipun demikian, kedainya selalu ramai dikunjungi pembeli, ataupun grab-grab yang sedang mengantrekan pesanan.

Selain tteokppoki, menu yang disediakan di sini juga sangat beragam, seperti hotteok, gimbab, ramyeon, bibimyeon, japchae, tuigim, odeng, gearanmari, chicken honey, chicken yangyeom, jjajangmyeon, mandu, kimchi, pajeon, dan masih banyak lainnya.

“Tteokppokinya hot ada, yang mozzarella ada, cheese ada juga. Resep saya bikin sendiri dan masak sendiri, semuanya asli korea,” ungkapnya kepada reporter blokTuban,Minggu (6/3/2022). 

Ia melanjutkan, meskipun memiliki staff, ia masih turut serta memasak sendiri pesanan dari para pembelinya. Kedai yang buka setiap hari dari pukul 9 pagi sampai jam 9 malam tersebut memang selalu ramai. Omset perharinya bisa mencapai kurang lebih Rp 1,5 juta, terlebih jika di akhir pekan. 

“Kalau malam di sini ramai berjajar, kemarin buka sampai jam 10 malam minggu. Kalau hujan grab banyak, kalau tidak hujan tamu banyak,” jelasnya.

Pria yang bertempat tinggal di Kelurahan Perbon itu, mengatakan bahwa usaha jajanan korea ini hanyalah salah satu side bussiness miliknya. “Saya kalau nggak kerja capek, bosan kalau bekerja di sini bisa jumpa banyak orang,” ungkapnya dengan logat korea masih kental.

Yong Eup baru tinggal di Tuban selama delapan bulan, meskipun sebelumnya sudah sering berkunjung ke berbagai wilayah Indonesia, seperti Lombok, Bali, Yogyakarta, Surabaya, Banjarmasin, dan Jakarta untuk keperluan bisnis. Jeong Yong Eup merupakan salah satu investor korea di bidang LED lighting sehingga sudah seringkali bekerja sama dengan orang-orang Indonesia.

“Oppa juga ada restoran di Kuta, Bali. di Lombok, Gili Trawangan. Corona ini jadi tempat wisata di sana sepi. Tapi di sini lumayan ramai tamu,” ujarnya.

Sementara itu, Berli, salah satu pembeli asal Kelurahan Gedongombo, mengatakan sudah mampir yang ketiga kalinya. Menurutnya, tteokppoki di kedai BTS milik Oppa Yong Eup memang berbeda dibandingkan tteokppoki lain yang pernah dicobanya di Tuban. 

“Ini sudah yang ketiga ke sini, menu yang pernah dicoba tteokpokki, ramen, terus ini nunggu pesenan gimbab. Tteokpokkinya enak di sini, kalau biasanya yang tak coba itu pedes aja tapi di sini ada manis-manisnya juga, jadi pas. Ramennya juga enak,” tutupnya. [Din/Ali]