Dikawal 12 Petugas, Empat Napi Lapas Kelas IIB Tuban Lakukan Ini di Pantai Kelapa

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Empat Nara Pidana (Napi) atau warga binaan Lapas Kelas IIB Tuban mendapat kesempatan bertamasya di objek wisata Pantai Kelapa di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jumat (4/3/2022). Bukan hanya bersenang-senang, Napi tersebut diajak untuk membersihkan sampah di pantai. 

Kalapas Kelas IIB Tuban, Siswarno dalam keterangannya menyampaikan, kebersihan lingkungan perlu di jaga di kawasan wisata. 

"Kesadaran dan kepedulian juga harus ditingkatkan untuk menciptakan kondisi pantai yang bersih, rapi dan nyaman sehingga setiap pengguna layanan yang datang dapat merasakan pelayanan yang terbaik" ungkapnya.

Sementara itu, Hanafi, wakil ketua pengelola wisata Pantai Kelapa, menyampaikan terimakasih dan apresiasi setinggi tingginya kepada Lapas Tuban, karena dapat membantu membersihkan pantai. 

Menurutnya, banyak komplain dari masyarakat tentang kebersihan di Pantai Kelapa, tapi pihak pengelola terbantu dengan adanya kegiatan tersebut.

"Alhamdulillah kita sangat terbantu dengan kegiatan ini, sekarang sedang musim penghujan sehingga ombak pantai membawa banyak sampah hingga pihak kami kewalahan buat membersihkan. Bantuan dari Lapas Tuban datang di momen yang tepat, sehingga kita sangat terbantu," ungkapnya. 

Salah satu narapidana yang membersihkan area Pantai Kelapa yaitu DE (34) mengaku senang bisa membersihkan Pantai Kelapa sambil bertamasya melihat pemandangan pantai.

"Sangat senang saya, bisa melihat pemandangan pantai lagi pak dan saya juga olahraga membersihkan pantai," katanya. 

Diberitakan sebelumnya, meskipun mengalami penurunan pengunjung beberapa waktu belakangan ini, akibat pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia. Akan tetapi, saat libur hari raya nyepi tahun ini Wisata Pantai Kelapa mengalami kenaikan jumlah pengunjung dibandingkan tahun lalu. 

Menurut Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Kelapa, Muhasan jika kenaikan jumlah wisawatan  pada tahun ini naik meskipun tidak signifikan yaitu sekitar 10 persen.

“Liburan ini pengunjung sekitar 1.500 sampai 2000, mengalami kenaikan walaupun tidak signifikan,” ungkapnya.

Pria ramah itu melanjutkan, jika biasanya wisatawan yang berkunjung di pantai yang teletak di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang itu didominasi oleh orang jawa Timur, seperti Bojonegoro, Lamongan, Probolinggo, Pasuruan, Surabaya, hingga Sidoarjo. 

Selain pemandangan yang indah, tahun ini penambahan daya tarik untuk wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kelapa ialah adanya rumah makan seafood dengan view pemandangan laut. [Ali]