Warga Binaan Lapas Kelas IIB Tuban Peringati Isra Mikraj

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Seluruh warga binaan Lapas Kelas IIB Tuban pada Selasa (1/3/2022), ikut memperingati Isra Mikraj 1443 Hijriyah di Masjid At-Taubah komplek lapas Jalan Veteran Tuban bersama jajaran petugas setempat. 

Pada kesempatan itu, Kepala Lapas Tuban, Siswano mengingatkan kembali ke seluruh warga binaan jika peringatan Isra Mi’raj ini merupakan perjalanan Nabi Muhammad SAW untuk mendapatkan perintah sholat, dan sebagai umatnya di harapkan bisa meneladani akhlak nabi.

“Ini sebagai perintah untuk kita umat muslim untuk sholat, dan kita patut teladani sifat rosul,” ujar Siswarno.

Pada kesempatan Isra Mi’raj SAW kali ini, diisi penceramah oleh KH. Moh. Anshori Asnawi S.Pd.  Dijelaskan bahwa  salah satu bulan mulia yaitu, bulan rajab. Pada bulan rajab ini semua perintah Allah di turunkan di bumi, salah satunya perintah sholat ketika Nabi Isra Miraj.

Isra Mi’raj sendiri yaitu perjalanan dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Sementara itu, lanjutnya Isra Mi’raj merupakan peristiwa perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi menuju langkit ke-7 dan dilanjutkan ke Sidratul Muntaha bertemu dengan Allah SWT. 

“Dalam perjalanannya, Nabi Muhammad SAW mematuhi perintah Allah SWT untuk menjalankan ajaran Islam, dan mengajarkan tentang keesaan Allah SWT kepada umat manusia,” jelasnya.

Dia mengajak warga binaan membaca Al-Qur’an, memperbanyak sholat sunnah hingga bersholawat, serta amalan-amalan baik lainnya adalah cara kita sebagai umat muslim untuk mendapatkan rahmat dari Allah SWT. 

“Mari menjaga kekhusyukan sholat, serta meningkatkan iman dan takwa adalah sedikit dari banyaknya hikmah dibalik Isra Mi’raj,” tutupnya.

Anshori juga mengapresiasi Lapas Tuban karena terdapat pembinaan kepribadian yaitu ada  pembinaan berbasis pondok pesantren mini At –Taubah. Menurutnya Penceramah yang hadir memuji pendidikan pondok pesantren mini di Lapas Tuban dapat membuat para warga binaan rajin ibadah, termasuk sholat tepat waktu. [Ali]