Sering Dilewati Kendaraan R6, Jembatan Terusan Bojonegoro-Tuban akan Dipasang Portal

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setelah memasang portal di Jembatan Glendeng, Pemerintah Kabupaten Tuban juga berencana memasang pembatas serupa di Jembatan Terusan Bojonegoro-Tuban atau biasa disebut Kanor, Bojonegoro dan Rengel, Tuban (KaRe). Rencana tersebut dilakukan karena seringnya kendaraan R6 atau lebih melintasi jembatan yang diresmikan oleh Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa bulan Januari lalu itu. 

Baik Jembatan Glendeng maupun KaRe, saat ini baru diperuntukkan untuk kendaraan R2 dan R4. Berjalannya waktu karena belum ada portal pembatas, kendaraan R6 atau lebih juga ikut melintas. 

Seringnya kendaraan yang melintas di jembatan tersebut, membuat Pemerintah Kabupaten Tuban khawatir kalau kejadian di Jembatan Glendeng juga terjadi di Jembatan KaRe. Yakni Tembok Penahan Tanah (TPT) di bawahnya retak karena banyaknya kendaraan melebihi tonase melintas. 

"Khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Rencana Jembatan Rengel - Kanor juga dipasang portal," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PUPR, PRKP) Tuban, Agung Supriyadi, Senin (28/2/2022).

Jembatan KaRe memiliki panjang 210 meter yang dibangun di atas sungai Bengawan Solo, dan menghubungkan Kecamatan Kanor Bojonegoro dengan Kecamatan Rengel Tuban. Diharapkan jembatan tersebut mampu membuka kawasan baru dan mempermudah akses masyarakat untuk keluar masuk antar daerah guna percepatan ekonomi dan sosial.

Pada tahun 2022 ini, Pemkab Tuban juga mengalokasikan anggaran Rp3,4 miliar untuk peningkatan infrastruktur jalan dengan panjang 1,8 kilometer dan lebar enam meter yang terhubung dengan jembatan Terusan Bojonegoro-Tuban (TBT). 

Pembangunan jembatan TBT dikerjakan sejak 30 Desember 2021 dan peresmiannya menunggu kualitas dan keamanan bagi penggunanya. Untuk biaya perawatan jembatan sepanjang 210 tersebut menjadi beban Pemkab Bojonegoro.

Kerjasama Pemkab Tuban dan Bojonegoro diapresiasi Gubernur Jatim. Khofifah berharap sinergitas yang telah terjalin dapat terus ditingkatkan karena pembangunan jembatan TBT akan mempermudah akses ekonomi, sosial, dan kesehatan. [Ali]