Kiat Sukses Menjadi Enterpreneur Ala Owner Toko Kue Opang Tuban

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Dalam melakukan suatu usaha, tidak ada kata terlambat. Sebab, usia bukan patokan menjamin seseorang bisa sukses. Selain itu, gender juga bukanlah penghalang perempuan untuk bisa sukses, meskipun hanya di rumah saja.

Saat ini, banyak wanita yang sukses bekerja dari rumah dan tidak meninggalkan kewajibannya sebagai seorang istri ataupun ibu. Yaitu dengan cara membuka suatu usaha. 

Salah satu pengusaha wanita yang terbilang cukup sukses di Kabupaten Tuban ialah Kristiana, owner Toko Kue Opang. Ia mengatakan, untuk bisa menjadi seorang enterpreneur seseorang harus memiliki managemen waktu yang baik. 

“Memiliki managemen waktu yang baik seperti waktu untuk keluarga dan waktu untuk berbisnis,” terangnya dikutip dari Suara Muslim FM 88.7 Tuban, Minggu (13/2/2022)

Perempuan yang akrab disapa Ses Opang itu, melanjutkan dalam keadaan yang sibuk seorang wanita harus tetap mendahulukan kewajibannya sebagai seorang istri dan ibu. Oleh karena itu, biasanya ia mengatur waktunya dengan mendahulukan keluarganya dibanding pekerjaan. 

Akan tetapi, bila dituntut untuk mendahulukan pekerjaan, maka harus disiasati dengan bangun lebih awal dari pada biasanya. 

“Yang jelas kita utamakan tetap keluarga, tapi kita harus bisa memanage mana yang harus dikerjakan dulu, skala prioritas sangat penting,” katanya.

Tidak hanya itu saja, menjalankan komunikasi yang baik juga penting dalam sebuah usaha. Baik komunikasi bersama keluarga ataupun para custemer, karena komunikasi yang baik menjadi personal branding tersendiri.

Dalam memulai sebuah usaha, perempuan berhijab tersebut juga mendorong adanya kemauan yang kuat, keberanian serta tekat yang baik. Jangan pernah puas dengan pengalaman dan kemampuan yang dimiliki karena masih belum memumpuni. 

“Mulai aja nggak ada yang namanya nanti-nanti. Adanya seberapa ya ayo kita jalankan, kalau misal ada yang nggak bisa bikin-bikin seperti itu bolehlah kita jadi reseller atau apa,” ucapnya. 

Dengan demikian, wanita ramah itu menargetkan hal yang ingin diraih untuk usahanya yaitu memperbesar satu tempat usaha yang saat ini dimilikinya. [Sav/Ali]