Jadi Polwan Berkat Voli, Ini Prestasi Puput Wijayanti Asal Tuban

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban telah melahirkan atlet voli pantai hebat bernama Puput Wijayanti. Pemain berusia 21 tahun binaan pelatih Voli Pantai, Didik Tri Purwanto tersebut, dinyatakan lolos seleksi melalui jalur prestasi olahraga dan akann mengikuti pendidikan sebagai polisi di Ciputat, Jakarta.

Putri semata wayang dari pasangan Ranti  (67) dan Kusrini (55) itu, tak berhenti mengucap syukur kepada Tuhan, orang tua, pelatih, dan  Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tuban yang telah mewujudkan impiannya. 

“Alhamdulillah, dan terimakasih kepada Koni dan Pembina Olahraga Voly,” ujar Puput.

Kesungguhan Puput dalam menekuni olahraga, kini berbuah manis dan membawanya menjadi polisi wanita serta membanggakan kedua orang tuanya. 

Gadis kelahiran Rembang,  Jawa Tengah pada 25 Februari 2000 silam itu, menjadi satu dari 76 calon bintara yang lolos, setelah ikut seleksi di jalur khusus Rekpro (rekeutmen proaktif) pada Desember 2020. Waktu itu, ia bersama sekitar 350 peserta lain dari berbagai daerah di Jawa Timur.

“Bapak ibu adalah petani, cita cita saya menjadi polisi mungkin terlalu tinggi karena selama ini tahunya mahal kalau daftar polisi. Alhamdulillah prestasi olahraga bisa mengantarkan saya menjemput impian sebagai polwan,” kata gadis berhijab itu. 

Menjadi polisi wanita adalah cita cita Puput sejak kecil, begitu juga menjadi atlit Voli. Bahkan sejak kelas tiga SD, ia sudah mulai menyukai olahraga menggunakan bola tangan tersebut, hingga beberapa kali ikut serta mewakili sekolah dan Kabupaten Tuban untuk mengikuti kejuaraan di berbagai jenjang.

“Cita cita jadi polwan dari kecil, tidak pernah kepikiran,” imbuh atlet yang bergabung tim Tuban sejak 2015 itu.

Sederet prestasi yang pernah diraih Puput diantaranya, Juara Popda Rembang tingkat SMP,  mewakili Tuban ikut Piala Gubernur Jawa Timur saat masih sekolah di SMKN  Jatirogo, Juara 3 Kejurprov Piala Kapolda 2018, Juara 3 Porprov Jatim perorangan 2019, serta prestasi tidak kalah membanggakan sebagai juara 3 pada Porprov Jatim 2019 mewakili Tuban.

Atlet voli dengan tinggia badan 160 Centimeter itu, berpesan kepada rekanya sesama atlit agar tetap fokus dalam meraih prestasi. Kegigihan dan kerja keras tidak akan sia sia.

Saat ini, Puput beralamat di RT 04 RW 07 Desa Wotsogo, Kecamatan Jatirogo. Untuk riwayat pendidikannya diawali dari SDN 2 , Tahunan Sale, kemudian SMPN 1 Sale, dan SMKN Jatirogo. [Ali]