Permudah Akses Vaksinasi, Puskesmas Tuban Hadir di Car Free Day

 

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Percepatan vaksinasi di seluruh Indonesia sejak beberapa waktu sudah digencarkan di setiap daerah. Bahkan, sejak (12/1/2022) vaksinasi booster sudah mulai dilakukan untuk masyarakat demi mencegah penyebaran virus Covid-19 yang saat ini kasusnya kembali meningkat akibat varian baru Omicron.

Puskesmas Tuban pada Minggu (30/1/2022) menggelar pelaksanaan vaksinasi di Car Free Day Tuban yang berlokasi di Gelanggang Olahraga (GOR) Rangga Jaya Anoraga. Hal tersebut bertujuan untuk memudahkan akses ke masyarakat yang belum mendapatkan vaksinasi.

“Mungkin bagi mereka yang hari senin sampai sabtunya sibuk dengan kegiatan bekerja, atau yang terkendala jarak dan lain hal jadi kita ambil hari minggu yang kira-kira populasi masyarakat banyak yakni CFD,” jelas Citra, selaku Koordinator Imunisasi dari Puskesmas Tuban.

Selain bertujuan untuk memudahkan akses ke masyarakat, tujuan lainnya adalah untuk percepatan vaksinasi yang ada di Kabupaten Tuban agar cakupan vaksin bisa mengalami peningkatan dan bisa mencegah penyebaran virus.

Puskesmas Tuban menyediakan kurang lebih 150 dosis vaksin yang terdiri dari Sinovac, AstraZeneca, dan Pfizer, sehingga seluruh masyarakat yang belum sempat mendapatkan vaksinasi baik dosis pertama, kedua, ataupun booster bisa melaksanakan vaksinasi. “Untuk vaksin booster, yang dulunya pakai sinovac ataupun astrazeneca bisa mendapat setengah dosis Pfizer dengan jarak pemberian 6 bulan dari vaksin dosis kedua,” jelasnya.

Untuk mendapatkan vaksinasi lanjutan masyarakat bisa membawa kartu vaksin atau bisa menunjukkannya melalui aplikasi peduli lindungi, serta KTP untuk memudahkan pengentrian data. Kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan mulai pukul 7 sampai dengan pukul 10 pagi tersebut juga diperuntukkan bagi anak-anak usia 6-11 tahun. “Jika belum pernah vaksin juga bisa, asalkan dalam keadaan sehat dan setelah melalui pemeriksaan dinyatakan sehat maka boleh menerima vaksin,” tutupnya. [din/col]