Serunya Berwisata Sambil Vaksin di Pantai Sowan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Suguhan nuansa alam pantai dengan berwisata sambil vaksinasi Covid-19 menjadi tren terbaru di masyarakat. Salah satunya seperti yang dilakukan PKM Bancar Tuban menggelar kegiatan serbuan vaksinasi dengan menggandeng pengelola tempat Wana Wisata Pantai Sowan Tuban, Sabtu (29/1/2022).

Sersan MD. Bagus Raka, Babinsa Ramil 0811/12 Bancar mengatakan, serbuan vaksinasi merupakan kali duanya digelar di Pantai Sowan. Sasarannya vaksin tahap dua dan tiga Booster dengan menyediakan tiga jenis vaksin yaitu Sinovac, Astra Zenica dan Pfizer.

“Memang kami sengaja menggelar di tempat wisata ini. Selain tempatnya luas, juga memudahkan wisatawan yang ingin vaksinasi,” ujarnya.

Untuk capaian vaksinasi di Tuban, dia pun mengatakan sudah tergolong baik. Sebab, serapannya cepat dan terukur. Seluruh instansi baik TNI, Polri, dan Puskesmas Bancar saling bersinergi untuk mempercepat penyerapannya.

“Alhamdulillah, kita semua saling bersinergi dan tidak melakukan secara sektoral. Jadi, masyarakat yang vaksin ikut Kodim di tahap satu, bisa melakukan vaksinasi kedua di puskesmas maupun di tempat lainnya. Begitu pula sebaliknya,” katanya.

Salah satu wisatawan Sutiyah (52), warga asal Kecamatan Sale, Rembang mengatakan, awalnya dia ingin berwisata di Pantai Sowan karena tempat wisatanya boleh beroperasi. Ia datang ke lokasi berempat bersama keluarganya.

Saat sampai di lokasi, dia melihat ada program vaksinasi, dan akhirnya ikut sekalian vaksin. Diakui Sutiyah keluarganya sudah lama tidak menikmati suasana sejuk dan rindang di Pantai Sowan.

“Memang kami sengaja mau wisata dan kebetulan juga saya sudah waktunya vaksinasi tahap tiga Booster. Jadi, sekalian ikut vaksin yang digelar di tempat ini. Seru juga sih,” ucap Sutiyah.

Untuk diketahui hadir diantaranya Bhabinkamtibmas, perangkat desa, tim kesehatan Puskesmas Bancar. Sasarannya adalah masyarakat umum, lansia, remaja, anak, dan lain-lainnya para pengunjung pantai wisata tersebut.

Capaian vaksinasi Kabupaten Tuban per tanggal 27 Januari 2022 pukul 08.00 wib, dosis pertama sejumlah 86,48 %, dosis ke dua 57,72 %, dan dosis ke tiga 1,95 %. [ali/sas]