17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |   07:00 . Pengamen Badut Asal Jombang Diamankan Satpol PP Tuban, Peralatan Ngamennya Disita   |   06:00 . Kemendag Luncurkan MINYAKITA Rp14 Ribu per Liter, Lebih Murah dari Migor Curah di Tuban   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pisang Tanduk Bedoroso, Olahan Pisang Tanduk Pertama di Tuban

bloktuban.com | Monday, 17 January 2022 08:00

Pisang Tanduk Bedoroso, Olahan Pisang Tanduk Pertama di Tuban DIMINATI : Kuliner Baru Pisang Goreng berbahan Pisang Tanduk Diminati (foto:dina)

Reporter: Dina Zahrotul Aisyi

blokTuban.com- Pisang tanduk merupakan varietas pisang yang tidak bisa tumbuh di sembarang daerah. Pisang dengan ukuran yang cukup besar tersebut mudah dijumpai di beberapa daerah, contohnya di Lumajang, Jawa Timur dan Sukabumi, Jawa Barat.

Bentuknya yang panjang dan runcing ke bawah menyerupai tanduk menjadikan pisang dengan kulit hijau kekuningan itu disebut sebagai pisang tanduk.  Pisang tanduk seringkali disajikan sebagai pisang goreng atau pisang rebus. Di Kabupaten Tuban terdapat salah satu toko penjual olahan pisang tanduk yang berlokasi di Jalan Pahlawan.

Agus, pegawai di Toko Pisang Tanduk Bedoroso mengatakan bahwa pisang tanduk tidak bisa hidup di sembarang daerah, bahkan di Tuban sendiri juga tidak ada karena cuaca yang tidak cocok dengan pertumbuhan pisang tanduk.

Pisang tanduk bedoroso yang baru buka sejak kurang lebih satu bulan terakhir merupakan satu-satunya olahan pisang yang berbahan dasar dari pisang tanduk di Tuban. Agus mengatakan yang membedakan pisang tanduk dengan jenis lainnya adalah teksturnya yang lebih lembut. 

“Pisang raja kalah lembut, ini rasanya ada madunya. Kalau di daerah Cilacap, pisang tanduk biasanya dibuat sebagai sale,” jelasnya.

Meskipun baru buka selama satu bulan, pisang tanduk yang dijadikan sebagai olahan pisang goreng dibalut tepung renyah yang bumbunya diracik sendiri dengan pilihan tiga jenis topping itu sudah mendapatkan banyak perhatian dari masyarakat. 

“Kalau per hari habis berapa pisang nggak dihitung, tapi dalam 10 hari biasanya kita ambil 2 kwintal pisang dari Lumajang,” ujarnya.

Menu paling laris yang diminati pembeli adalah topping pisang coklat dan coklat keju, meskipun jenis original juga banyak yang membeli. 

“Biasanya yang anak-anak kan suka varian coklat sama keju,” ungkapnya.

Pisang tanduk bedoroso buka setiap pukul 10 pagi hingga jam 8 malam, namun Agus mengatakan jika biasanya selepas maghrib sudah habis terjual. 

“Awalnya kan karena di Tuban belum ada, terus coba jualan. Alhamdulillah respon masyarakat baik,” katanya.

Harga pisang tanduk bedoroso sangat terjangkau, yakni mulai dari Rp 2.000 untuk original per potongnya. Sedangkan untuk toping coklat dan keju seharga Rp 10.000 per satu kotak, dan untuk topping mix coklat keju seharga Rp 13.000 per satu kotak. [din/ono]

 

Tag : pisang tanduk, pidang goreng



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat