Ada 1.000 Buruh Tutup Akses Pelabuhan Semen

 

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Sejak pukul 09.00 Wib jalur Pantura Kabupaten Tuban terpantau berwarna merah di aplikasi google map. Setelah ditelusuri ternyata ada demo 1.000 buruh dan menutup akses Pelabuhan Khusus (Pelsus) semen plat merah, Rabu (12/1/2022).

Informasi yang dihimpun dari buruh, unjuk rasa akan berakhir pada pukul 17.00 WIB. Demo buruh di PT. Industri Kemasan Semen Gresik (IKSG) tercatat sudah tiga hari lamanya.

Tuntutan buruh hingga penutupan jalur pantura Tuban hari ini belum ada titik temu dengan manajemen IKSG. Setidaknya ada tiga tuntutan buruh, yaitu bekerja kembali bagi 298 buruh IKSG, dan meminta kenaikan uang makan dan tunjangan kerja.

"Ada 1.000 anggota FSPMI Tuban yang turun jalan. Kami tegaskan buruh tidak berniat menutup jalur Pantura," ujar Ketua FSPMI Tuban, Duraji kepada blokTuban.com.

Terpantau kemacetan dari arah Tuban Kota telah sampai di Kawasan Jati Peteng. Petugas Satlantas Polres Tuban juga terus mengatur lalu lintas supaya beberapa truk masih bisa berjalan ke arah Semarang.

Pantauan di perempatan Pelsus Semen BUMN, para buruh terus bergantian orasi menyampaikan tuntutannya. Sedangkan massa lainnya masih menyebar memenuhi sudut jalan yang masuk di wilayah Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban. [ali/col]