Ramainya Pantai Semilir Tuban Saat Liburan Tahun Baru

Reporter : Ali Imron 

blokTuban.com - Menjadi satu-satunya wisata pantai yang gratis, Pantai Semilir yang berada di sebelah utara Jalur Pantura Tuban KM 23 Desa Socorejo, Kecamatan Jenu ramai dikunjungi wisatawan di saat liburan awal tahun 2022. 

Pantai sepanjang 1,2 Kilometer dan luas lima hektare tersebut, memiliki kapasitas 10.000 pengunjung dalam sehari. Dalam situasi pandemi Covid-19, pengelola wisata yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) bekerjasama dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) membatasi maksimal 75 persen sesuai arahan Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban. 

Pada saat libur natal 2021 lalu, jumlah kunjungan mencapai 6.000 sampai 7.000 orang. Diprakirakan kunjungan liburan tahun baru di Pantai Semilir selama dua hari yakni tanggal 1-2 Januari 2022 lebih tinggi. 

Ketua Pokdarwis Pantai Semilir, Asmaul Husna kepada blokTuban.com menjelaskan daya tarik wisatawan di Pantai Semilir adalah gratis tiket masuk. Hal ini tentu berbeda dengan wisata pantai lainnya yang selalu ada tarif masuk. 

"Di sini hanya kena karcis parkir saja. Untuk kendaraan roda dua Rp2.000, mobil pribadi Rp10.000 dan bus pariwisata Rp20.000," ujar Maul, Sabtu (1/1/2022). 

Daya tarik lain adalah pasir yang halus dan bersih, angin sepoi-sepoi, pohon cemara yang rindang dan banyak permainan anak seperti perahu karet dan ATV. Ditambah fasilitas toilet, musala dan aula yang memadai dan terawat membuat para pengunjung betah. 

Untuk kuliner khas di pantai yang baru beroperasi satu tahun tersebut adalah nasi pindang godong jati. Makanan tersebut harganya ekonomis Rp10.000 per porsi dan sudah membuat kenyang. 

Salah satu momen terbaik di Pantai Semilir adalah waktu senja. Sebab, panorama matahari tenggelam sangat eksotis dan membuat puas bagi pemburu foto. [ali/ono]