Tak Lagi Jadi Tren? Jelang Tahun Baru Pengguna Knalpot Brong Masih Sepi

 

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com – Menjelang pergantian tahun baru, ada banyak kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat. Biasanya mereka menyambutnya dengan berbagai macam cara, seperti menyalakan kembang api, petasan, terompet hingga melakukan konvoi di sepanjang jalan raya.

Kebanyakan yang melakukan konvoi adalah para muda-mudi sambil membunyikan motor dengan memakai knalpot brong. Hal tersebut seringkali mengganggu masyarakat yang menyaksikan, lantaran suara motor yang dianggap terlalu keras.

Oleh karena itu, pemerintah melarang dengan tegas adanya penggunaan knalpot brong yang sering dijumpai di berbagai daerah. Dengan adanya larangan tersebut, saat ini sudah jarang masyarakat yang menggunakan knalpot brong.

Hal tersebut dikatakan oleh Arifolo, pemilik bengkel knalpot yang ada di Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban. Menurutnya, beberapa tahun ini pengguna knalpot brong sepi, meskipun menjelang tahun baru seperti saat ini.

“Sudah lama sepi, kadang berminggu-minggu saja nggak ada orang yang datang sama sekali, sama saja tahun baru juga begitu, masih mending mobil daripada motor,” ungkapnya saat ditemui blokTuban.com pada Selasa (28/12/2021).

Sepinya pengguna knalpot brong tersebut dikatakan pria berusia 35 tahun tersebut, lantaran pihak kepolisian dengan tegas bisa menilang pengguannya. Larangan itu tertera dalam Undang-undang (UU) Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 285 Ayat 1. Pasal 285 Ayat 1 tersebut berbunyi setiap pengendara sepeda motor yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan seperti spion, lampu utama, lampu rem, klakson, pengukur kecepatan, dan knalpot dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu.

“Kebanyakan yang ganti knalpot anak-anak muda, sekarang kalau motor pakai knalpot brong ditilang polisi, apalagi kalau dibawa ke kota, tapi saya nggak jual knalpot buat motor jualnya knalpot mobil saja, biasanya kalau motor saya cuma memasang saja, kebanyakan mereka beli di online,” ujarnya.

Ada banyak knalpot mobil yang disediakan oleh bengkel milik Arif, mulai dari jenis knalpot mobil sedan hingga bus. Usaha bengkel knalpot milik Arif tersebut, buka setiap hari sejak 2 tahun yang lalu. [sav/col]